Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Dipastikan Tanpa Tim Satelit MotoGP sampai 2024

Kompas.com - 23/11/2022, 10:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama era MotoGP, Yamaha selalu memiliki tim satelit. Untuk kali pertama, pabrikan asal Jepang ini hanya menurunkan dua motor YZR-M1 di MotoGP 2022.

Managing Director Yamaha MotoGP Racing Lin Jarvis mengatakan, Yamaha kemungkinan tidak akan memiliki tim satelit hingga 2024.

“Ini akan berbeda bagi kami di tahun 2023, kami hanya memiliki dua pebalap di Yamaha. Tapi saya tidak berpikir kita akan menderita dari ini dalam jangka pendek, karena di Yamaha, prioritas tim satelit adalah mendukung (tim pabrikan) juara,” ucap Lin, dikutip dari Speedweek, Rabu (23/11/2022).

Baca juga: Shockbreaker Innova Reborn Sering Bocor, Apakah Wajar?

“Kedua, Anda dapat membawa pebalap pemula ke dalam kejuaraan. Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak data untuk pengembangan,” lanjutnya.

Sebagai informasi, sejak era MotoGP dimulai pada 2002, Yamaha didukung oleh tim satelit Tech3. Tim balap yang bermarkas di Perancis ini bertahan hingga 2018 karena pada 2019 Tech3 memutuskan untuk bersama KTM.

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, memberikan kemudahan untuk tim NGM Forward Racing sebagai satu-satunya penyewa paket Yamaha untuk kelas open di MotoGP.motogp.com Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, memberikan kemudahan untuk tim NGM Forward Racing sebagai satu-satunya penyewa paket Yamaha untuk kelas open di MotoGP.

Posisi Tech3 digantikan oleh Sepang Racing Team hingga musim 2021. Tim ini kehilangan sponsor utamanya, yakni Petronas, dan berganti manajemen sekaligus nama tim menjadi RNF MotoGP Racing.

Dengan kondisi motor yang tidak kompetitif, RNF akhirnya menyerah dan memutuskan untuk berpindah ke Aprilia mulai musim 2023.

Baca juga: Kendaraan Hybrid Bisa Percepat Era Elektrifikasi di Indonesia

Meski begitu, Jarvis mengatakan, apa pun bisa terjadi untuk ke depannya sehingga tak menutup kemungkinan Yamaha bisa mendapatkan tim satelit di MotoGP 2024.

“Itu bisa dibayangkan dan mungkin. Saat ini terlihat seperti ini di atas kertas. Kami mengambil langkah demi langkah, tapi di dunia ini Anda tidak pernah tahu. Segalanya berubah dengan cepat,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com