Yamaha Dipastikan Tanpa Tim Satelit MotoGP sampai 2024

Kompas.com - 23/11/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama era MotoGP, Yamaha selalu memiliki tim satelit. Untuk kali pertama, pabrikan asal Jepang ini hanya menurunkan dua motor YZR-M1 di MotoGP 2022.

Managing Director Yamaha MotoGP Racing Lin Jarvis mengatakan, Yamaha kemungkinan tidak akan memiliki tim satelit hingga 2024.

“Ini akan berbeda bagi kami di tahun 2023, kami hanya memiliki dua pebalap di Yamaha. Tapi saya tidak berpikir kita akan menderita dari ini dalam jangka pendek, karena di Yamaha, prioritas tim satelit adalah mendukung (tim pabrikan) juara,” ucap Lin, dikutip dari Speedweek, Rabu (23/11/2022).

Baca juga: Shockbreaker Innova Reborn Sering Bocor, Apakah Wajar?

“Kedua, Anda dapat membawa pebalap pemula ke dalam kejuaraan. Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak data untuk pengembangan,” lanjutnya.

Sebagai informasi, sejak era MotoGP dimulai pada 2002, Yamaha didukung oleh tim satelit Tech3. Tim balap yang bermarkas di Perancis ini bertahan hingga 2018 karena pada 2019 Tech3 memutuskan untuk bersama KTM.

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, memberikan kemudahan untuk tim NGM Forward Racing sebagai satu-satunya penyewa paket Yamaha untuk kelas open di MotoGP.motogp.com Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, memberikan kemudahan untuk tim NGM Forward Racing sebagai satu-satunya penyewa paket Yamaha untuk kelas open di MotoGP.

Posisi Tech3 digantikan oleh Sepang Racing Team hingga musim 2021. Tim ini kehilangan sponsor utamanya, yakni Petronas, dan berganti manajemen sekaligus nama tim menjadi RNF MotoGP Racing.

Dengan kondisi motor yang tidak kompetitif, RNF akhirnya menyerah dan memutuskan untuk berpindah ke Aprilia mulai musim 2023.

Baca juga: Kendaraan Hybrid Bisa Percepat Era Elektrifikasi di Indonesia

Meski begitu, Jarvis mengatakan, apa pun bisa terjadi untuk ke depannya sehingga tak menutup kemungkinan Yamaha bisa mendapatkan tim satelit di MotoGP 2024.

“Itu bisa dibayangkan dan mungkin. Saat ini terlihat seperti ini di atas kertas. Kami mengambil langkah demi langkah, tapi di dunia ini Anda tidak pernah tahu. Segalanya berubah dengan cepat,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.