Kompas.com - 22/11/2022, 18:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Toyota Kijang Innova sering dianggap sebagai multi purpose vehicle (MPV) ternyaman.

Generasi ketiga yang sering disebut Innova reborn, tampil beda menawarkan dimensi kabin lebih luas dibanding generasi sebelumnya. 

Alhasil, mobil tersebut banyak diandalkan karena faktor kenyamanan berkendara. Apalagi bantingan suspensi dan pengendalian banyak dianggap lebih stabilan dari generasi Innova model pertama dan kedua. 

Meskipun demikian, beberapa keluhan sering ditanyakan pemilik Innova Reborn karena kerusakan kaki-kaki yang sering terjadi.

Baca juga: Alasan Kijang Innova Zenix Hanya Tersedia Transmisi Otomatis

 

Hal tersebut biasanya seperti shockbreaker bocor dan munculnya bunyi-bunyi asing dari kolong mobil. Lantas apakah hal itu normal? 

Innova Reborn 2017, pilihan menarik di segmen MPV bekasDicky Aditya Wijaya Innova Reborn 2017, pilihan menarik di segmen MPV bekas

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, kasus kerusakan suspensi Innova reborn sejak awal kehadirannya beberapa kali pernah ditangani. 

"Shockbreaker bocor beberapa kali dikeluhkan, sementara untuk bunyi asing dari bagian bawah setelah di cek, hasilnya karet boot ball joint ternyata rusak," kata Bambang kepada Kompas.com, Selasa (22/11/2022). 

Baca juga: Begini Jadinya Jika Honda Accord Punya Versi Type R

Khusus Innova Reborn keluaran 2016, banyak juga yang baru mengalami kebocoran pada shockbreaker belakang.

Bambang menjelaskan, biasanya mobil yang jarang digunakan jadi masalah tersebut belum terdeteksi. 

Mekanik bengkel resmi Toyota sedang melakukan pergantian komponen tie rodDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Toyota sedang melakukan pergantian komponen tie rod

Generasi pertama Innova Reborn sering dikeluhkan pemilik karena ada beberapa kasus yang belum genap setahun namun komponen tersebut ternyata bocor. 

"Innova Reborn generasi pertama banyak yang dahulu di komplain karena shockbreaker bocor. Tapi, kemudian generasi berikutnya 2017 sampai sekarang aman-aman saja, tidak ada keluhan serupa yang kita terima," ucapnya. 

Komponen shockbreaker menentukan kenyamanan dan pengendalian kendaraan saat melaju, maka dari itu Bambang menyarankan, sebaiknya secara rutin pemilik mobil memperhatikan kondisi fisik untuk memastikan apakah ada kebocoran atau kondisinya dikategorikan layak pakai. 

Baca juga: Interval Penggantian Coolant Innova Reborn Diesel

"Minimal ketika mencuci mobil bisa dilihat kebocoran oli yang terjadi. Sebelumnya jika fungsi shockbreaker sudah melemah biasanya juga terasa dari bantingan suspensi," kata dia. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.