Kompas.com - 22/11/2022, 16:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia memastikan bahwa Kijang Innova Zenix Hybrid bukanlah satu-satunya produk elektrifikasi yang akan diperkenalkan dan diproduksi di dalam negeri.

Sebab perseroan bertekad untuk memasarkan banyak kendaraan listrik supaya seluruh lapisan masyarakat bisa berkontribusi mengurangi emisi gas buang dari kendaraan bermotor, seraya merangsang ekosistemnya.

"Kita akan continue produce electric vehicle (EV) locally, banyak model," kata Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono saat peluncuran Kijang Innova Zenix, Senin (21/11/2022).

Baca juga: Kijang Innova Zenix Ditarget Terjual 4.000 Unit per Bulan

Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.Toyota/TMMIN Proses perakitan baterai pada mobil terbaru Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid di pabrik TMMIN, Karawang, Jawa Barat.

"Ke depan kita akan diteruskan lagi. Semua model akan kita transfomasikan ke elektrifikasi. Secepatnya, Bismillah," tambah dia.

Tekad ini semakin nyata mengingat TMMIN sudah mulai merakit baterai untuk kendaraan bermotor listrik melalui fasilitas pabriknya yang bertempat di kawasan industri Karawang, Bekasi, Jawa Barat.

Secara bertahap, komponen kendaraan listrik lainnya juga akan diproduksi mulai motor listrik, inverter, dan lain sebagainya.

Lebih rinci, Warih menjelaskan saat ini dari total 32 komponen yang terdapat di baterai, 14 bagiannya sudah dirakit lokal termasuk sel dan modul.

Baca juga: Toyota Tancap Gas Produksi Kijang Innova Zenix di Karawang

Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat. Toyota/TMMIN Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat.

"Baterai itu terdiri dari sel-sel dan sel-nya itu sama. Perbedaannya hanya pada jumlah sel yang digunakan. Misal kalau hybrid, hanya memakai 1.000 sel, PHEV 5.000 sel, mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) 15.000 sel," katanya.

"Jadi teknologi dan strukturnya sama untuk mobil elektrifikasi apapun (tak hanya mobil hybrid). Cuma kebutuhannya (sel) saja," lanjut Warih.

Namun ia masih enggan untuk mengungkapkan lebih jauh mengenai produk kendaraan listrik yang akan measuk jalur produksi TMMIN, menyusul Kijang Innova Zenix Hybrid di waktu mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.