Kompas.com - 22/11/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengungkapkan Kijang Innova Zenix segera dikirim ke konsumen yang sudah melakukan pemesanan. Sebab saat ini produk generasi ke-7 Innova terkait sudah mulai masuk jalur produksi.

Aktivitas produksinya sendiri, dilakukan di fasilitas pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di kawasan industri Karawang, Bekasi, Jawa Barat dengan kapasitas mencapai 4.000 unit per-bulan.

"Delivery sendiri, sudah ada unitnya jadi segera bisa dikirim ke konsumen. Tetapi indennya berapa lama, kita belum tau ya," kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy di seremoni peluncuran, Senin (21/11/2022).

Baca juga: Kijang Innova Zenix Hybrid Mulai Ekspor Tahun Depan

Peluncuran Kijang Innova Zenix di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), KIIC, Karawang, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).Dok. Toyota Indonesia Peluncuran Kijang Innova Zenix di PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), KIIC, Karawang, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

"Kalau sekarang kan itu hampir kurang lebih 4.000 unit per bulan, dan target di sisi produksi kurang lebih sama dengan target penjualan," lanjut dia.

Dari jumlah itu, kata Anton lagi, sekitar 25 persen merupakan produk atau varian hybrid. Tetapi pembagiannya bisa berubah tergantung permintaan pasar yang kini terus tumbuh.

Pasalnya berdasarkan komunikasi dengan diler resmi, permintaan Innova Zenix berbahan bakar minyak dengan hybrid hampir 50:50.

"Kalau saya denger dari diler hari ini, kayanya akan lebih tinggi dari angka itu (pembagian produksi varian). Itu bisa ke arah 50:50 atau 40:60. Ini masih awal jadi kita masih harus liat permintaan aktual pasar karena SPK resmi baru masuk," ucap Anton.

Baca juga: Skema Kredit Kijang Innova Zenix, Cicilan Mulai Rp 9 jutaan

Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat. Toyota/TMMIN Produksi Toyota Kijang Innova Hybrid di pabrik Karawang, Jawa Barat.

Dalam kesempatan terpisah, Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono mengungkapkan bahwa Kijang Innova Zenix memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 85 persen pada varian bensin dan 60 persenan untuk model hybrid.

Hal itu karena pada varian hybrid, ada komponen yang masih diimpor seperti di sebagian besar bagian baterai, motor listrik, inverter, dan lain-lain yang berada pada platform-nya.

Baca juga: Bahas Ragam Fitur dan Varian Toyota Kijang Innova Zenix


Berikut rincian harganya Kijang Innova Zenix:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.