Kompas.com - 22/11/2022, 07:22 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 sudah melewati Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) dan Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang menghubungkan Lampung dengan Palembang.

Kombinasi kedua tol tersebut mencatatkan jarak tempuh hingga 330 Km, memang jadi salah satu yang terpanjang di Indonesia. Kondisi jalannya pun mayoritas cukup mulus dengan dua lajur di setiap sisinya.

Ketika kami mencoba mengemudi di ruas tersebut, harus ingat dengan yang namanya istirahat. Memang, hadirnya jalan tol mempersingkat waktu tempuh dari Lampung ke Palembang jadi cuma sekitar empat jam dari yang awalnya 12 jam, tapi bukan berarti pengemudi meremehkan yang namanya istirahat.

Baca juga: Melewati Tol Trans-Sumatera, Ingat Ada ETLE yang Mengawasi

Ada saja pengemudi yang anggap enteng dengan memaksa tetap melanjutkan perjalanan padahal kelelahan. Hal ini yang sebenarnya sangat berbahaya, berisiko kecelakaan dan melukai diri sendiri atau orang lain.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, istirahat ketika melakukan perjalanan jauh wajib dilakukan secara rutin dan benar.

"Maksimal mengemudi tiga jam diselingi istirahat 15 menit dan maksimal 8-10 jam sehari diselingi tidur 45 menit," ucap Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Skema Kredit Kijang Innova Zenix, Cicilan Mulai Rp 9 jutaan

Untuk istirahat yang 15 menit, pengemudi bisa melakukan peregangan otot, stimulasi syaraf dan refresh pikiran. Hal ini pun kami lakukan dengan berisitirahat di rest area KM 163 setelah berjalan dari Lampung.

Perlu diketahui, ketika kelelahan, solusinya bukan minuman energi, tapi istirahat atau tidur. Bisa juga dibantu dengan kopi yang diminum sebelum tidur, jadi ketika bangun, kopi sudah bereaksi dan jadi semakin segar.

Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing Kompas.com/Adityo Merapah Trans-Sumatera 2022 dengan Honda BR-V Prestige Honda Sensing

Solusi lain adalah dengan membawa pengemudi cadangan. Jadi ketika kelelahan, bisa bergantian dan tetap melanjutkan perjalanan dengan aman.

Istirahat ini tidak boleh diremehkan karena bisa berakibat celaka. Seperti yang redaksi temui saat berkunjung ke Gerbang Tol Kotabaru, ada mobil yang ringsek setelah tabrakan dengan truk karena pengemudi yang kelelahan jadi hilang konsentrasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.