Kompas.com - 21/11/2022, 06:22 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Tim Merapah Trans-Sumatera 2022 sudah sampai di Palembang pada Sabtu (19/11/2022) Malam. Kami melewati Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) dan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) yang termasuk dalam Jalan Tol Trans-Sumatera.

Perlu diketahui, ketika melewati tol terpanjang di Indonesia ini, memang memberikan rasa bosan sehingga ingin memacu mobil dalam kecepatan tinggi. Tapi harus diingat, pada Jalan Tol Trans-Sumatera ini sudah dilengkapi dengan dua kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), jadi bisa menangkap para pelanggar aturan.

Untuk membuktikan, kami mendatangi kantor di mana monitor ETLE berada dan diawasi secara langsung. Posisi kantor ada di Gerbang Tol Kotabaru, bersama dengan control room Hutama Karya dan PJR.

Baca juga: Honda BR-V Libas Jalan Tol Trans-Sumatera, Konsumsi BBM Tembus 15,8 Kpl

ETLE di Jalan Tol Trans-Sumatera Kompas.com/Fikria Hidayat ETLE di Jalan Tol Trans-Sumatera

Berdasarkan informasi yang redaksi terima dari petugas, ada dua titik kamera ETLE yang dipasang di Jalan Tol Trans-Sumatera. Kedua titik tersebut ada di Km 108 baik ke arah Bakauheni dan ke arah Terbanggi Besar.

Pada kamera ETLE, pelanggaran yang baru tertangkap kamera adalah melebihi batas kecepatan atau di atas 100 kpj. Laporan yang ditangkap dari kamera adalah gambar pelanggar, pelat nomor, sampai berapa kecepatan kendaraan yang melewati batas.

Jadi bukti pelanggar tadi akan dikirim ke Pos Indonesia dan akhirnya sampai di alamat rumah pelanggar. Nantinya pelanggar diminta untuk konfirmasi dan dikirim nomor rekening untuk membayarkan denda.

ETLE di Jalan Tol Trans-Sumatera Kompas.com/Fikria Hidayat ETLE di Jalan Tol Trans-Sumatera

Dalam sehari, rata-rata pelanggar yang didapatkan antara 200 sampai 300 kendaraan. Selain itu, waktu paling banyak terjadi pelanggaran adalah saat akhir pekan, di mana orang-orang pergi berlibur ke Lampung atau Palembang.

Jadi bagi para pengguna Jalan Tol Trans-Sumatera, hati-hati saat melintas dan jaga kecepatan di bawah batas maksimum. Apalagi kondisi jalan yang cukup bergelombang di beberapa titik serta ada perbaikan jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.