Kompas.com - 18/11/2022, 10:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sama-sama menggunakan remote, ternyata remote keyless itu berbeda dengan alarm pada mobil.

Bisa dibilang, keyless merupakan teknologi yang lebih canggih karena fungsi dari remote tersebut tidak sebatas hanya untuk mengunci dan membuka pintu mobil dari jarak jauh saja.

Ada fungsi lain yang hanya dimiliki oleh mobil yang dilengkapi dengan fitur keyless. Lantas, apa bedanya remote alarm dan keyless?

Baca juga: Jangan Asal Ganti Baterai Remote Keyless Mobil

Remote mobil identik dengan alarm yang terpasang pada mobil, sedangkan immobilizer terpasang pada anak kunci berupa chip khusus.Kompas.com/Erwin Setiawan Remote mobil identik dengan alarm yang terpasang pada mobil, sedangkan immobilizer terpasang pada anak kunci berupa chip khusus.

Foreman Aha Motor Aji Dwi Nugroho, mengatakan remote alarm dan keyless berbeda meski keduanya memiliki bentuk fisik yang sama.

“Remote alarm dan keyless memang sepintas sama, karena bentuk fisiknya berupa remote tapi secara fungsi keyless lebih beragam fungsinya,” ucap Aji kepada Kompas.com, Jumat (18/11/2022).

Dia mengatakan remote keyless berfungsi untuk menggantikan anak kunci pada mobil, sehingga mobil bisa dihidupkan tanpa harus menggunakan anak kunci.

Baca juga: Remote Keyless Mobil Hilang, Ini Kisaran Dana yang Harus Disiapkan

Remote mobil berfungsi untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil dari jarak jauhKompas.com/Erwin Setiawan Remote mobil berfungsi untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil dari jarak jauh

“Ada yang menggunakan knop atau push button untuk menghidupkan mesin pada mobil yang dilengkapi dengan keyless, sehingga remote hanya perlu dibawa atau dikantongi oleh pengendara ketika ingin menghidupkan mesin,” ucap Aji.

Selain sebagai pengganti anak kunci untuk menghidupkan mesin, keyless juga biasanya juga bisa digunakan untuk mengunci dan membuka kunci pintu mobil, sehingga fitur yang ada pada remote alarm juga terwakilkan oleh keyless.

“Kalau remote alarm fungsinya terbatas hanya untuk membuka dan menutup kunci pintu mobil dari jarak jauh, untuk menghidupkan mesin mobil masih membutuhkan anak kunci,” ucap Aji.

Baca juga: Masih Banyak yang Bingung Beda Teknologi Immobilizer dan Keyless

Remote Keyless All New Suzuki ErtigaDicky Aditya Wijaya Remote Keyless All New Suzuki Ertiga

Jadi, perbedaan remote alarm dan keyless jelas dapat dilihat dari fungsinya. Remote alarm biasanya masih disediakan anak kunci untuk menghidupkan mesin mobil sedangkan keyless tidak membutuhkan lagi anak kunci untuk menghidupkan mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.