Remote Keyless Mobil Hilang, Ini Kisaran Dana yang Harus Disiapkan

Kompas.com - 29/07/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Hampir semua mobil baru sudah dilengkapi dengan remote keyless untuk meningkatkan keamanan dan memudahkan penggunanya.

Namun demikian, keyless memiliki beberapa kelemahan, mulai saat baterai remote mulai lemah atau saat kunci hilang.  

Bila sampai keyless hilang, tak hanya akan bikin repot, tapi juga merugikan karena biaya pergantiannya tergolong mahal. 

Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro mengatakan, kerugian pemilik mobil yang kehilangan keyless cukup banyak. Pintu mobil tak bisa dibuka dan pemilik harus membeli sat set yang baru. 

Baca juga: Pintu Mobil Mendadak Tak Bisa DIbuka, Cek Baterai Remote

"Kunci keyless jadi satu-satunya alat buka tutup pintu mobil. Padahal, di dalam kunci keyless juga terdapat anak kunci darurat untuk membuka pintu bila baterai remot habis," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022). 

Andik mengatakan, pabrikan mobil juga menyertakan kunci serep cadangan yang bisa digunakan dalam keadaan darurat. Namun, lebih aman pemilik mobil menghubungi diler terdekat untuk dibuatkan remote baru. 

"Pabrikan menyertakan dua remote kunci cadangan yang bisa digunakan keadaan darurat, tetapi risiko dan faktor keamanan untuk antisipasi kunci hilang sebaiknya tetap dibuat baru," katanya. 

Lebih lanjut Andik menjelaskan, harga kunci set bengkel resmi belum termasuk ongkos biaya registrasi ulang data kunci keyless. 

Kunci keyless All New XL-7Dicky Aditya Wijaya Kunci keyless All New XL-7

Sementara itu, Service Advisor Kia Motor Semarang Septi Pradana, juga mengatakan hal yang sama dengan menjelaskan teknologi remote keyless dilengkapi kode rahasia agar tak bisa digandakan . 

"Kode kunci tertera di bagian anak kunci dan bisa di sinkronisasi dengan ECM. Data registrasi hanya bisa di perbarui atau di install ulang bengkel resmi," ujar Septi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.