Jangan Asal Ganti Baterai Remote Keyless Mobil

Kompas.com - 30/07/2022, 09:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Baterai remote keyless mobil yang mulai lemah bisa dikenali dari beberapa hal. Mulai lampu indikator kunci yang redup, sulit merespons, sampai alaram yang kurang sensitif. 

Ketika sudah mengalamai tanda-tanda tersebut, pemilik mobil wajib segera melakukan pergantian baterai. Namun jangan asal saat mengerjakannya.

Menurut Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro. Mengganti baterai remote keyless bisa diawali dengan membuka rumah kunci.

Hal ini membutuhkan ketelitian. Sebelum mencungkil baut tengah, harus benar-benar teliti, karena salah sedikit cover bisa pecah. 

Baca juga: Goda Anak Muda, Daihatsu Siap Luncurkan Model Baru di GIIAS 2022

"Buka penutup ini yang cukup ribet, selain teliti memeriksa kerenggangan baut, obeng tidak boleh ditekan berlebihan," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Andik menambahkan, ada beberapa model kunci yang tak menggunakan baut sekrup. Jadi, buka pasang tutup kunci tak lagi perlu alat khusus agar penjepitnya tidak rusak. 

Baterai kunci keyless All New Suzuki XL7 Dicky Aditya Wijaya Baterai kunci keyless All New Suzuki XL7

Selain itu, urusan baterai juga tak boleh asal pilih. Pemilik kendaraan wajib memperhatikan kode huruf atau angka agar sesuai standar yang digunakan. 

"Mobil atau motor sama saja, ada kode angka, jika ganti cari part yang sesuai dan berkualitas," kata dia lagi. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.