Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Ganti Baterai Remote Keyless Mobil

Kompas.com - 30/07/2022, 09:22 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Baterai remote keyless mobil yang mulai lemah bisa dikenali dari beberapa hal. Mulai lampu indikator kunci yang redup, sulit merespons, sampai alaram yang kurang sensitif. 

Ketika sudah mengalamai tanda-tanda tersebut, pemilik mobil wajib segera melakukan pergantian baterai. Namun jangan asal saat mengerjakannya.

Menurut Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro. Mengganti baterai remote keyless bisa diawali dengan membuka rumah kunci.

Hal ini membutuhkan ketelitian. Sebelum mencungkil baut tengah, harus benar-benar teliti, karena salah sedikit cover bisa pecah. 

Baca juga: Goda Anak Muda, Daihatsu Siap Luncurkan Model Baru di GIIAS 2022

"Buka penutup ini yang cukup ribet, selain teliti memeriksa kerenggangan baut, obeng tidak boleh ditekan berlebihan," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Andik menambahkan, ada beberapa model kunci yang tak menggunakan baut sekrup. Jadi, buka pasang tutup kunci tak lagi perlu alat khusus agar penjepitnya tidak rusak. 

Baterai kunci keyless All New Suzuki XL7 Dicky Aditya Wijaya Baterai kunci keyless All New Suzuki XL7

Selain itu, urusan baterai juga tak boleh asal pilih. Pemilik kendaraan wajib memperhatikan kode huruf atau angka agar sesuai standar yang digunakan. 

"Mobil atau motor sama saja, ada kode angka, jika ganti cari part yang sesuai dan berkualitas," kata dia lagi. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com