Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Maut Tesla Model Y, Tak Ditemukan Adanya Tanda Pengereman

Kompas.com - 16/11/2022, 14:40 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini terjadi kecelakaan maut yang melibatkan mobil listrik perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Tesla model Y. Mobil itu melaju tak terkendali hingga menabrak sejumlah pengendara dan menewaskan dua orang.

Insiden tersebut terjadi di kota Chaozhou yang terletak di sepanjang pantai China di timur laut Hong Kong pada 5 November 2022 lalu.

Sebagai pasar terbesar kedua Tesla, kecelakaan itu langsung menjadi salah satu trending topik teratas di platform media sosial Weibo.

Baca juga: Kecelakaan Tesla Model Y, Diduga Akibat Pedal Rem Tidak Berfungsi

Dalam rekaman yang beredar di media sosial, terlihat pengemudi hendak menepi untuk parkir, tetapi kemudian kembali ke jalan.

Lalu, mobil Tesla itu secara tiba-tiba akselerasi dengan kecepatan tinggi hingga menabrak sejumlah pengendara sebelum akhirnya berhenti karena tabrakan.

 

Sebelumnya, keluarga pengemudi menyebutkan bahwa rem mobil tidak berfungsi saat pengendara menginjak pedal.

Dikutip dari Daily Mail, Rabu (16/11/2022), fakta mengatakan bahwa pihak Tesla menemukan lampu rem mobil tidak menyala berdasarkan rekaman kejadian.

Dalam video tersebut menunjukan bahwa lampu rem mobil tidak menyala saat mobil melaju kencang dan datanya menunjukkan masalah seperti tidak ada tindakan untuk menginjak rem sepanjang perjalanan kendaraan.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters, pihak Tesla mengatakan tengah menyelidiki dengan pihak berwenang untuk menginvestigasi penyebab kecelakaan.

Tesla Model Y di IIMS 2022KOMPAS.com/Ruly Tesla Model Y di IIMS 2022

“Polisi saat ini sedang mencari pihak ketiga untuk mengidentifikasi kebenaran di balik kecelakaan ini dan kami akan secara aktif memberikan bantuan yang diperlukan,” ucap pembuat kendaraan listrik Elon Musk.

Pihak Tesla juga memperingatkan agar tidak mempercayai rumor yang beredar sebelum ada hasil dari investigasi.

Baca juga: Kymco Kenalkan Motor Listrik i-OneX di EICMA 2022

Sebagai informasi, model Y merupakan salah satu line up kendaraan listrik yang dipasarkan oleh Tesla. Model Y termurah merupakan varian standard range yang bisa menempuh jarak hingga 244 mil atau sekitar 392 km, dengan kecepatan maksimal 217 kpj.

Sementara untuk Long Range bisa menempuh jarak 532 km dengan kecepatan maksimum 217 kpj.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.