Kompas.com - 12/11/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez sudah menguji Honda RC213V pada sesi tes resmi di Valencia. Namun, dia mengaku masih belum puas dan perlu dilakukan peningkatan pada motor tersebut.

Marquez mengatakan, saat balapan di Valencia, dia terjatuh karena mengerem terlalu lambat. Tapi, sejak start juga dia merasa sudah ada masalah.

Baca juga: Marquez Sebut Honda RC213V Belum Siap Jadi Juara Dunia MotoGP

"Jika Anda melihat start saya tahun ini, saya selalu start dengan baik. Saya kehilangan posisi di sini dan merasa ada sesuatu yang salah," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (12/11/2022).

Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022Dok. HRC Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

Marquez menambahkan, hasil analisa memperlihatkan bahwa torsi yang dikeluarkan tidak sama seperti saat latihan. Setelah balapan, tim pun mengatakan memang ada masalah.

"Saya ada di posisi keempat, di belakang (Alex) Rins. (Jorge) Martin, dan (Jack) Miller, ketika saya terjatuh. Saya ingin naik podium, jadi saya terlalu agresif dan mengerem terlambat," kata Marquez.

Baca juga: Alex Marquez Ungkap Perpisahannya dengan Honda Tidak dengan Baik-baik

Menurutnya, jika selalu mengerem terlambat seperti yang dilakukannya, tidak masalah jika hanya dua lap atau enam lap, tapi tidak untuk 27 lap. Jika terlalu agresif, maka besar kemungkinannya akan mengalami lowside.

Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022Dok. HRC Marc Marquez saat sesi tes resmi di Valencia 2022

Setelah mencoba RC213V versi 2023, Marquez pun langsung menaruh perhatiannya pada dua hal, yakni mesin dan cornering speed.

"Mesin itu penting. Jika Anda mendapatkan 0,05 detik di setiap trek lurus, Anda bisa mengerem terlambat, Anda tidak perlu mengambil risiko terlalu banyak. Untuk itu, kita harus meningkatkan pengereman di trek lurus," ujarnya.

Marc MarquezFoto: Twitter Marc Marquez Marc Marquez

"Kita juga harus meningkatkan cornering speed. Kita keluar dari tikungan terlalu lambat sekarang ini, tapi masalahnya muncul begitu masuk tikungan. Jika Anda menikung terlambat atau terlalu pelan, Anda otomatis akan kehilangan momentum saat keluar tikungan," katanya.

Dua hal tersebut yang menurut Marquez penting untuk ditingkatkan. Sebab, menurutnya kondisi motornya yang sekarang tidak bisa diandalkan untuk meraih gelar juara dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.