Pakai Harian di Dalam Kota, Ini Hasil Konsumsi BBM Suzuki S-Presso

Kompas.com - 12/11/2022, 12:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski tenaganya lebih kecil dibanding rival di kelas city car, tapi di lain sisi Suzuki S-Presso punya keunggulan dari konsumsi bahan bahan bakar.

Seperti diketahui, S-Presso mengusung mesin yang sama dengan Karimun Wagon R, yakni K10B, dengan kapasitas murni 998 cc tiga silinder.

Dapur pacu tersebut mampu memproduksi tenaga sebesar 67 tk pada 5.500 rpm dan torsi 90 Nm di putaran 3.500 rpm.

Ketika redaksi mencoba S-Presso AGS untuk penggunaan harian dengan rute dalam kota tanpa melintasi tol, rata-rata konsumsi bahan bakarnya cukup memuaskan.

Baca juga: Impresi Berkendara Harian Suzuki S-Presso di Dalam Kota

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki S-Presso

Menempuh jarak sejauh 64,5 kilometer (km) dari M.T. Haryono-Kemang-TB Simatupang-Taman Mini-Pondok Gede-Kalimalang dan kembali ke arah awal, hasil yang didapat berdasarkan MID mencapai 18,2 kpl.

Artinya, satu liter Pertamax yang digunakan bisa untuk membawa S-Presso menempuh jarak hingga 18,2 km. Dengan catatan kondisi lalu lintas menjelang sore hari yang mulai padat di hari kerja.

Karena itu, gaya berkendara selama kurang lebih 2,5 jam perjalanan tergolong santai. Air conditioner alias AC juga tetap bekerja selama pengetesan berlangsung.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki S-Presso

Sementara untuk jumlah penumpang yang menjadi beban selama pengujian, berisi tiga orang dewasa dengan kecepatan rata-rata berkisar 28-30 kpj.

Hasil ini tergolong cukup irit untuk sebuah city car, dan kemungkinan besar bisa lebih tinggi saat membawanya berkendara konstan di jalan tol.

Baca juga: Kupas Desain S-Presso, Mobil Termurah Suzuki Bernuasa Mini SUV

Namun perlu diketahui ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar saat berkendara.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki S-Presso

 

Tak hanya ekternal seperti kemacetan, cuaca, dan lainnya, namun juga gaya berkendara, kondisi mobil, jensi bahan bakar, dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.