Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Harian di Dalam Kota, Ini Hasil Konsumsi BBM Suzuki S-Presso

Kompas.com - 12/11/2022, 12:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski tenaganya lebih kecil dibanding rival di kelas city car, tapi di lain sisi Suzuki S-Presso punya keunggulan dari konsumsi bahan bahan bakar.

Seperti diketahui, S-Presso mengusung mesin yang sama dengan Karimun Wagon R, yakni K10B, dengan kapasitas murni 998 cc tiga silinder.

Dapur pacu tersebut mampu memproduksi tenaga sebesar 67 tk pada 5.500 rpm dan torsi 90 Nm di putaran 3.500 rpm.

Ketika redaksi mencoba S-Presso AGS untuk penggunaan harian dengan rute dalam kota tanpa melintasi tol, rata-rata konsumsi bahan bakarnya cukup memuaskan.

Baca juga: Impresi Berkendara Harian Suzuki S-Presso di Dalam Kota

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki S-Presso

Menempuh jarak sejauh 64,5 kilometer (km) dari M.T. Haryono-Kemang-TB Simatupang-Taman Mini-Pondok Gede-Kalimalang dan kembali ke arah awal, hasil yang didapat berdasarkan MID mencapai 18,2 kpl.

Artinya, satu liter Pertamax yang digunakan bisa untuk membawa S-Presso menempuh jarak hingga 18,2 km. Dengan catatan kondisi lalu lintas menjelang sore hari yang mulai padat di hari kerja.

Karena itu, gaya berkendara selama kurang lebih 2,5 jam perjalanan tergolong santai. Air conditioner alias AC juga tetap bekerja selama pengetesan berlangsung.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/STANLY RAVEL Suzuki S-Presso

Sementara untuk jumlah penumpang yang menjadi beban selama pengujian, berisi tiga orang dewasa dengan kecepatan rata-rata berkisar 28-30 kpj.

Hasil ini tergolong cukup irit untuk sebuah city car, dan kemungkinan besar bisa lebih tinggi saat membawanya berkendara konstan di jalan tol.

Baca juga: Kupas Desain S-Presso, Mobil Termurah Suzuki Bernuasa Mini SUV

Namun perlu diketahui ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi konsumsi bahan bakar saat berkendara.

Suzuki S-PressoKOMPAS.com/Adityo Wisnu Suzuki S-Presso

 

Tak hanya ekternal seperti kemacetan, cuaca, dan lainnya, namun juga gaya berkendara, kondisi mobil, jensi bahan bakar, dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com