Kompas.com - 11/11/2022, 09:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - New Honda Vario 125 hadir mengisi celah skutik kelas 125cc. Motor yang sudah hadir satu dekede lalu itu berada di tengah antara Beat, Genio, Scoopy dengan Vario 160, dan ADV 160.

Sebelumnya, Kompas.com sudah membahas mengenai desain, kini Kompas.com akan membahas mengenai fitur dan rasa berkendara. Keduanya digabung karena fitur antara Vario 125 lama dan versi facelift ini tak terlalu beda.

Baca juga: Kesiapan Wuling Hadapi Era Kendaraan Listrik di Indonesia

Beberapa ubahan pada New Vario 125 ialah bentuk spion, ban lebih besar, dan ada tambahan smart key system alias keyless serta colokan USB buat charging gawai di konsol boks sebelah kiri. Konsol tersebut punya penutup sehingga aman dari air.

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022. KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

Sekarang waktunya berkendara. Saat pertama naik di atas jok sebetulnya tidak banyak perubahan dengan Vario 125 yang lama. Posisi duduknya tetap nyaman dengan setang yang mudah dijangkau.

Gas diputar dan motor melaju, tarikannya responsif. Rangka dan mesin Vario 125 sebelumnya yang masih terpasang di model baru ini cukup akseleratif melewati trek yang disusun panitia untuk mencari titik optimal motor.

Baca juga: Mau Ganti Ukuran Lebih Besar, Cek Harga Ban Mobil November 2022

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

Hal yang sedikit membuat berbeda ialah pemakaian ban lebih lebar karena membuat rasa percaya diri meningkat karena gesit. Terbukti saat dipakai buat kendaraan harian terasa motor enak diajak bermanuver melewati jalan rusak dan macet.

Kompas.com merasa suspensi belakang juga lebih empuk ketimbang model lama.

New Vario 125 menggunakan mesin 125cc liquid cooled engine dengan teknologi eSP. Mampu menghasilkan 8,2 kW (11,1 PS) pada putaran 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm di 5.000 rpm.

Baca juga: Cek Layanan SIM Keliling Terdekat di Jakarta Hari Ini

New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.KOMPAS.com/Gilang New Honda Vario 125 meluncur di Indonesia, pada awal September 2022.

Honda menyebut New Vario 125 merupakan skutik dengan nilai konsumsi bahan bakar terbaik di kelasnya. Motor mampu melaju 51,7 km per liter dengan metode WMTC (EURO 3, ISS ON).

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, meski mesinnya sama, tetap ada perubahan di model baru ini, yaitu di bagian CVT, tepatnya pada desain outer plate untuk mengurangi getar.

"Kalau perubahan untuk mengurangi getaran itu ada, di bagian outer plate itu diubah desainnya. Itu saja. (Ukuran) pully masih sama dengan 125 sebelumnya," kata Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.