Kompas.com - 10/11/2022, 10:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Ganti pelek aftermarket diameter besar jadi jalan pintas paling mudah untuk merubah tampilan visual mobiil standar. 

Namun demikian, di balik modifikasi tersebut ada konsekuensi yang harus ditanggung. Tak sekadar sejumlah uang yang harus dibayar, namun juga efek jangka panjangnya.

Selain risiko kerusakan komponen kaki-kaki karena ubahan di luar spesifikasi, hal lain yang ditanggung adalah pengeluaran yang lebih besar.

Pasalnya, mengganti pelek dengan ukuran lebih besar dari standar pabrikan juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Baca juga: Ini yang Harus Dilakukan jika Jadi Korban Salah Sasaran Tilang Elektronik

Kepala Bengkel Honda Kusuma Siliwangi Semarang Teguh Dwi Harianto mengatakan, pelek diameter besar untuk bisa beradaptasi dengan kaki-kaki kendaraan membutuhkan beberapa ubahan, salah satunya penggunaan ban tapak lebar. 

Pelek mobilDoc Ottoban Pelek mobil

"Ban tapak lebar cenderung membutuhkan bidang gesek yang lebih besar. Gesekan ban dan permukaan aspal membuat rotasi roda makin berat, konsekuensinya tingkat penggunaan bahan bakar terbuang juga naik signifikan," ucap Teguh kepada Kompas.com, Kamis (10/11/2022). 

Salah kaprah jika menuduh bobot massa pelek aftermarket jadi biang kerok bahan bakar boros. Teguh menilai, bila ditimbang justru jatuhnya lebih berat pelek standar. 

Intensitas gesekan yang tinggi karena roda berputar pada porosnya biasannya diatasi beberapa modifikator dengan jalan satu-satunya mengisi kapasitas maksimum ban mobil. 

Baca juga: Meluncur Hari Ini, Simak Bocoran Harga Toyota bZ4X

"Makanya, banyak temen-temen (modifikator) yang menggunakan tekanan udara ban sampai batas maksimal. Jawabannya biar enteng saat mobil jalan," ucapnya. 

Perbedaan signifikan konsumsi bahan bakar bisa terlihat saat awal mobil start. Jadi, jika medan jalan yang dilalui banyak yang macet sangat terasa borosnya. 

Tren modifikasi pelek 2022JF Luxury Tren modifikasi pelek 2022

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.