Dua PO yang Menggunakan Bus Tingkat di Sumatera

Kompas.com - 10/11/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Populasi bus tingkat di Indonesia terus bertambah saat ini. Paling ramai yang menggunakan double decker alias bus tingkat sebagai andalan operasional  adalah Perusahaan Otobus (PO) yang ada di Pulau Jawa.

Walau begitu, ternyata PO pertama yang menggunakan bus tingkat sebenarnya ada di Pulau Sumatera, yakni Sempati Star. PO asal Medan, Sumatera Utara ini, sudah memakai bus tingkat dari 2015, tepatnya bodi Jetbus 2 SDD buatan Karoseri Adiputro.

Selain PO Sempati Star, ada satu operator bus lainnya yang menggunakan bus tingkat sebagai armadanya. PO tersebut merupakan Pelita Paradep yang juga punya markas di Medan, Sumatera Utara.

Baca juga: Apa Bedanya PO Gunung Harta dengan Bus Merah dan Hijau?

Bus Pelita Paradepmobilkomersial.com Bus Pelita Paradep

Kembali bahas PO Sempati Star, bus tingkat pertamanya adalah unit yang dipamerkan Adiputro di GIIAS 2015. Setelah pameran, bus langsung dibawa untuk beroperasi di lintas Medan-Aceh.

Seiring berjalannya waktu, Sempati Star kembali tambah bus tingkat. Tampak ada dua bus tingkat dengan bodi Jetbus 2 SDD yang melayani trayek Medan-Pekanbaru dan Medan-Jakarta.

Selain itu, pada akhir 2021, Sempati Star tambah lagi satu bus baru dengan bodi Jetbus 3+ SDD untuk melayani rute Medan-Pekanbaru. Uniknya, bus yang dimiliki menggunakan bangku nyaman dan ada sleeper di kabin bawah.

Baca juga: Juara Dunia WSBK 6 Kali Mencicip Rendang, tapi Kepincut Ayam Pop


Kemudian untuk PO Pelita Paradep, berdasarkan informasi yang redaksi terima, ada dua bus tingkat yang digunakan. Pertama bus dengan bodi Jetliner Double Decker buatan Karoseri Rahayu Santosa dengan kelir hijau.

Sedangkan satu lagi, memakai bodi buatan Karoseri Nusantara Gemilang Conqueror. Kedua bus tampaknya beroperasi di rute Medan-Siantar, namun memang sudah mulai jarang digunakan untuk unit bus tingkat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.