Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meluncur Hari Ini, Simak Bocoran Harga Toyota bZ4X

Kompas.com - 10/11/2022, 09:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, PT Toyota Astra Motor dipastikan bakal meluncurkan mobil listrik murni pertamanya yakni bZ4X, pada Kamis (10/11/2022).

Hal ini dapat dipastikan melalui undangan resmi yang diterima redaksi Kompas.com, pada Sabtu (10/11/2022).

“Kami dengan hormat mengundang Anda untuk peluncuran Toyota All New bZ4X pada Kamis 10 November 2022” tulis Toyota dalam surat undangannya.

Baca juga: Toyota bZ4X Meluncur di Indonesia 10 November 2022

Sebagai informasi, TAM akan mengimpor crossover listrik itu secara utuh dari Jepang alias berstatus completely built-up (CBU). Toyota di Jepang dipasarkan dalam dua varian.

Pertama varian motor listrik tunggal, dayanya adalah 150 kW berpenggerak roda depan. Tenaga yang dihasilkan adalah 201 Tk. Mobil ini bisa menjangkau 500 Km untuk tipe FWD.

Interior Toyota bZ4XKOMPAS.com/Ruly Kurniawan Interior Toyota bZ4X

Kemudian yang kedua adalah motor listrik ganda, memakai penggerak all wheel drive (AWD) dengan tenaga yang lebih besar, yaitu 215 Tk. Sementara untuk jarak tempuh yang dihasilkan lebih pendek yakni 460 Km.

Kedua varian tersebut dibekali dengan baterai lithium-ion 335 Volt dengan kapasitas 71,4 kWh yang bisa menggunakan cas jenis arus DC dengan daya pasokan maksimum hingga 150 kW. Mengecas mobil pakai SPKLU cepat butuh waktu 30 menit dari posisi kosong hingga 80 persen.

Mengacu harga pasarannya di Jepang, mobil dibanderol 6 juta yen hingga 6,5 juta yen alias Rp 640 juta sampai Rp 695 jutaan.

Lantas kira-kira berapa harga yang pantas untuk Toyota bZ4X yang dipasarkan di dalam negeri?

Anton Jimmy Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan bahwa bZ4X akan diposisikan di bawah Lexus UX300e yang kini diperuntukkan sebagai kendaraan listrik premium.

Artinya, banderol bZ4X nanti tidak akan mencapai Rp 1,2 miliar sebagaimana harga jual UX300e. Tetapi, tentu berada di atas beberapa kendaraan populer Toyota lain seperti Kijang Innova yang berada di kisaran Rp 500 juta.

“Lexus itu lebih premium, jadi mereka fokus ke mobil kesekian. Bahkan ada dari beberapa konsumen ketemu saya, katanya ini (UX300e) jadi mobil ketujuhnya. Jadi segmennya agak berbeda,” ucap Anton, belum lama ini kepada Kompas.com.

Baca juga: Daftar PO Bus AKAP yang Punya Armada Bus Tingkat

“Mungkin orang hanya melihat size, tapi kita juga melihat kemewahannya seperti ada wood panel, bahan leather-nya, trim-nya dan lain-lain. Jadi tetap segmennya kita pisahkan mesin secara ukuran bZ4X lebih besar,” katanya.

Sebagai informasi, penamaan awal model BEV ‘bZ’ memiliki arti ‘Beyond Zero’ yang artinya semua series Toyota berawalan bZ dikatakan sebagai kendaraan dengan kontribusi nol emisi bagi lingkungan.

Dari informasi yang masuk ke meja redaksi, ada yang menyebutkan banderol bZ4X akan tembus Rp 1 miliar. Tapi, kepastian akan terungkap dari peluncuran yang dilakukan siang hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com