Kompas.com - 08/11/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia sukses menjadi juara dunia MotoGP 2022 berkat bantuan banyak pihak. Dia juga menyebutkan bahwa besar pengaruh VR46 Academy terhadap perkembangan kemampuannya.

Bagnaia mengatakan, akademi yang dipenggawai oleh Valentino Rossi tersebut sekarang ini semakin profesional dan berdedikasi tinggi. Akademi tersebut sangat mendukung para pebalapnya untuk bisa memiliki kesempatan menjadi sukses.

Baca juga: Bagnaia Tak Ikuti Wejangan Rossi Saat Balapan di Valencia

"Ini bukan hanya tentang pengaruh Valentino, tapi semua orang yang bekerja untuk kami di rumah. Awalnya, ini adalah akademi yang sangat berbeda. Tentu ini adalah pertolongan besar, tapi sekarang ini kami sangat profesional," ujar Bagnaia, dikutip dari Crash.net, Selasa (8/11/2022).

Pebalap Ducati asal Italia Francesco Bagnaia (kanan) merayakan gelar juara dunia MotoGP 2022 setelah balapan Grand Prix MotoGP Valencia di Ricardo Tormo di Cheste, Valencia, pada Minggu 6 November 2022.AFP/JOSE JORDAN Pebalap Ducati asal Italia Francesco Bagnaia (kanan) merayakan gelar juara dunia MotoGP 2022 setelah balapan Grand Prix MotoGP Valencia di Ricardo Tormo di Cheste, Valencia, pada Minggu 6 November 2022.

Bagnaia menambahkan, jika para pebalap ingin latihan menggunakan motor kecil di sirkuit, pihak akademi bisa menyediakannya. Bahkan, jika itu latihan yang digelar di negara lain, seperti Portugal.

"Luar biasa bantuan yang mereka berikan. Mereka memberikan semua hidup mereka, hasrat mereka pada kami dan ini luar biasa. Ini adalah gelar juara dunia MotoGP pertama untuk akademi, ini yang ketiga secara keseluruhan setelah Franky di Moto2 dan saya di Moto2," kata Bagnaia.

Baca juga: Jadi Juara MotoGP 2022, Bagnaia Bawa Pulang BMW M3 Touring

Bagnaia mengatakan, jika melihat performa semua pebalap di VR46 Academy, khususnya di MotoGP, menurutnya semua memiliki kemampuan yang luar biasa.

Valentino Rossi dan pebalap VR46 Riders Academy sering berlatih di sirkuit dirt trackDok. @valeyellow46 Valentino Rossi dan pebalap VR46 Riders Academy sering berlatih di sirkuit dirt track

"Di rumah, kami saling mendorong satu sama lain untuk bisa meningkat. Ketika saya lihat Franky di 2020 menjadi runner-up di klasemen dengan tiga kemenangan, itu seperti referensi bagi saya. Sesuatu yang harus saya kalahkan, dan ini membantu saya dalam meningkatkan kemampuan. Saya ingin berterima kasih pada akademi," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.