Kompas.com - 03/11/2022, 17:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad (Persero) menambah lini produk dengan nama Morino. Pada Indo Defence Expo & Forum di JI Expo, Morino MV Cruiser diperkenalkan ke khalayak.

Morino sendiri merupakan singkatan dari Mobil Rekacipta Indonesia. Rencananya, nama Morino dibuat untuk lini produk Pindad yang bentuknya lebih modern, tidak kaku seperti Maung.

Azka Rizqi, Divisi Inovasi Departemen Pengembangan Kendaraan Khusus PT Pindad mengatakan, Morino MV Cruiser merupakan pengembangan dari kendaraan taktis maung.

Baca juga: Pindad Gelar Kompetisi Desain Kendaraan Listrik Militer 2022

Pindad Morino MV CruiserKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Pindad Morino MV Cruiser

"Morino ini rebranding kendaraan taktis Maung jadi lebih civilian, karena minatnya lumayan banyak. Maung kan versi militer, kita bikin versi yang lebih kalem, namanya MV (Morino Vehicle)," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Secara tampilan, MV Cruiser punya desain eksterior yang berubah total dari Maung. Bahkan menurut redaksi, di bagian depan desainnya tampak terinspirasi dari Toyota FJ Cruiser dan Ford Bronco.

Kemudian di bagian samping, untuk unit yang dibawa di Indo Defence Expo & Forum, menggunakan pintu model setengah (urban tactical). Selain itu, tidak memakai atap dan ada juga versi soft top-nya.

Baca juga: Dari Main Golf, Cerita Awal Mula Kartel Harga Honda dan Yamaha

Pindad Morino MV CruiserKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Pindad Morino MV Cruiser

Untuk bagian belakang, lampu kombinasi yang digunakan seperti yang dipasang pada Jeep Rubicon terbaru. Selain itu, ada ban serep yang besar dipasang di pintu bagasi.

Kemudian di bagian interior, tampak dasbor yang serupa dengan Isuzu Mu-X, bahkan sampai ke konsol tengah. Memang, Pindad mengubah sedikit di bagian setir sehingga tidak ada lagi logo Isuzu.

Sedangkan di bagian belakang, cuma diisi dua bangku, sehingga kapasitasnya cuma untuk empat orang. Salah satu kendaraan di bagian tengah dibuat tempat untuk menaruh senjata, jadi ada platform untuk berdiri.

Pindad Morino MV CruiserKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Pindad Morino MV Cruiser

"Morino ini bentuknya lebih rounded, enggak kaku (boxy), jadi lebih streamline," ucap Azka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.