Pindad Gelar Kompetisi Desain Kendaraan Listrik Militer 2022

Kompas.com - 14/07/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengangkat tema Kendaraan Listrik Pendukung Hankam, PT Pindad kembali menggelar Military Vehicle Design Competition (MVDC) 2022.

Ada dua kategori yang dibuka dengan total hadiah ratusan juta rupiah, yakni untuk profesional serta Pelajar, dan Mahasiswa. Proses pendaftaran dimulai pada 18-29 Juli 2022 secara online melalui situs www.mvdc.pindad.com.

Direktur Teknologi & Pengembangan Sigit P. Santosa mengatakan, tema tersebut diangkat karena Indonesia telah menyatakan kesiapannya memasuki era kendaraan listrik untuk mengurangi polusi udara, ramah lingkungan, dan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

Baca juga: Alasan Pelat Nomor Kendaraan Listrik Pakai Lis Warna Biru

"Tidak hanya sebagai moda transportasi pada umumnya, Kendaraan listrik dengan berbagai aspek pendukungnya juga menjadi opsi untuk digunakan pada bidang pertahanan dan keamanan," ujar Sigit, dalam keterangan resminya, Rabu (13/7/2022).

Sigit menjelaskan, tema tersebut menjadi sebuah tantangan bagi para desainer untuk memecahkan berbagai masalah pada isu-isu tersebut yang diimplementasikan dalam sebuah desain kendaraan listrik yang memiliki fungsi khusus.

MVDC 2022 jadi ajang tingkat nasional untuk mendukung pengembangan kreativitas desainer dalam negeri guna menghasilkan desain electric combat vehicle di masa depan yang dibekali teknologi tinggi dan memiliki fungsi khusus.

"Future Combat vehicle akan melibatkan operasi senyap dan berteknologi tinggi mulai dari electric combat vehicle, autonomous vehicle, cyber technology, dan network yang semuanya terkoneksi," ucapnya.

Sigit berharap, antusiasme peserta yang cukup tinggi pada tahun lalu bisa meningkat yang diikuti bertambahnya jumlah peserta sehingga bisa melahirkan karya desain terbaik.

Aspek yang diharapkan terkandung pada konsep desain yaitu logika desain terhadap konsep yang diusulkan, dan fungsi dengan konsep desain yang futuristik.

Baca juga: Jokowi Siapkan Inpres Penggunaan Kendaraan Listrik di Pemerintahan

Lomba desain kendaraan listrik militer PindadPINDAD Lomba desain kendaraan listrik militer Pindad

Dengan poin-poin tersebut, diharapkan peserta bisa mengimplementasikan kreatifitasnya dalam suatu bentuk desain guna mendukung pertahanan dan keamanan, khususnya pada produk kendaraan listrik.

Untuk pelaksanaannya akan dilakukan beberapa tahap penyaringan. Mulai registrasi, seleksi pendaftaran, konfirmasi peserta, technical meeting, proses desain peserta, pengumpulan hasil, penyaringan 10 besar untuk masing-masing kategori, pengumuman finalis, dan penilaian juri.

Sementara untuk pengumuman pemenang, penyerahan hadiah, dan sawarding akan dilakukan sebagai puncak acara pada 10 November 2022.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.