Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pindad Morino MV Cruiser, Penerus Maung yang Lebih Keren

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pindad (Persero) menambah lini produk dengan nama Morino. Pada Indo Defence Expo & Forum di JI Expo, Morino MV Cruiser diperkenalkan ke khalayak.

Morino sendiri merupakan singkatan dari Mobil Rekacipta Indonesia. Rencananya, nama Morino dibuat untuk lini produk Pindad yang bentuknya lebih modern, tidak kaku seperti Maung.

Azka Rizqi, Divisi Inovasi Departemen Pengembangan Kendaraan Khusus PT Pindad mengatakan, Morino MV Cruiser merupakan pengembangan dari kendaraan taktis maung.

"Morino ini rebranding kendaraan taktis Maung jadi lebih civilian, karena minatnya lumayan banyak. Maung kan versi militer, kita bikin versi yang lebih kalem, namanya MV (Morino Vehicle)," ucapnya kepada Kompas.com, Kamis (3/11/2022).

Secara tampilan, MV Cruiser punya desain eksterior yang berubah total dari Maung. Bahkan menurut redaksi, di bagian depan desainnya tampak terinspirasi dari Toyota FJ Cruiser dan Ford Bronco.

Kemudian di bagian samping, untuk unit yang dibawa di Indo Defence Expo & Forum, menggunakan pintu model setengah (urban tactical). Selain itu, tidak memakai atap dan ada juga versi soft top-nya.

Untuk bagian belakang, lampu kombinasi yang digunakan seperti yang dipasang pada Jeep Rubicon terbaru. Selain itu, ada ban serep yang besar dipasang di pintu bagasi.

Kemudian di bagian interior, tampak dasbor yang serupa dengan Isuzu Mu-X, bahkan sampai ke konsol tengah. Memang, Pindad mengubah sedikit di bagian setir sehingga tidak ada lagi logo Isuzu.

Sedangkan di bagian belakang, cuma diisi dua bangku, sehingga kapasitasnya cuma untuk empat orang. Salah satu kendaraan di bagian tengah dibuat tempat untuk menaruh senjata, jadi ada platform untuk berdiri.

"Morino ini bentuknya lebih rounded, enggak kaku (boxy), jadi lebih streamline," ucap Azka.

Sebenarnya, basis dari MV Cruiser ini adalah versi hard top, cuma kebetulan ada Indo Defence Expo & Forum, dibawa model urban tactical yang lebih cocok dengan suasana pameran.

"Kita kembangkan yang sipil, MV Cruiser basisnya hard top, cuma enggak dibawa ke sini. Model ini merupakan prototipe desain final, jadi belum versi produksinya," ucap Azka.

Spesifikasi Morino MV Cruiser:

Konfigurasi: 4x4
Berat kosong: 2.510 Kg
Tenaga: 136 TK
Panjang: 4.835 mm
Lebar: 2.000 mm
Tinggi: 1.890 mm
Kecepatan Puncak: 120 Kpj
Suspensi: Independent coil spring (depan) Rigid coil spring (belakang).

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/03/170504715/pindad-morino-mv-cruiser-penerus-maung-yang-lebih-keren

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke