Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2022, 06:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan sejumlah titik pelayanan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang beroperasi di sejumlah lokasi dan waktu tertentu.

SIM sendiri memiliki masa berlaku yang terbatas, yaitu lima tahun sejak tanggal SIM tersebut diterbitkan. Jika telat memperpanjang, maka pemohon harus melakukan pembuatan ulang layaknya proses penerbitan SIM baru.

Jika tidak memiliki SIM, pengemudi kendaraan bermotor bisa dikenakan dipidana dengan pidana kurungan paling lama empat bulan, atau denda paling banyak Rp 1 juta. Ketentuan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 281.

Baca juga: Biaya Kepemilikan Wuling Air ev, Butuh Rp 4,4 Juta buat Cas Baterai

Hari ini, Rabu (2/11/2022), layanan SIM keliling beroperasi di lima titik dengan jam operasional pukul 08.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB.

Berikut ini lokasi pelayanan SIM keliling hari ini:

  • Jakarta Timur: Mall Grand Cakung
  • Jakarta Selatan: Kampus Trilogi Kalibata
  • Jakarta Barat: LTC Glodok, Mall Citraland
  • Jakarta Pusat: Kantor Pos Lapangan Banteng

Perlu diingat, layanan SIM keliling hanya dapat memperpanjang jenis SIM A dan SIM C saja. Sedangkan untuk SIM B, perpanjangan hanya bisa dilakukan di Satpas SIM terdekat.

Baca juga: Proving Ground Bekasi Akan Jadi yang Terbesar di Asia Tenggara

Biaya perpanjangannya diatur dalam PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak. Perpanjangan SIM A biayanya adalah Rp 80.000, sedangkan untuk SIM C perpanjangannya adalah Rp 75.000.

Dokumen persyaratan yang harus disiapkan oleh pemohon perpanjangan SIM, di antaranya adalah fotokopi SIM yang masih berlaku, fotokopi SIM lama dan SIM asli, bukti cek kesehatan, serta bukti tes psikologi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.