Biaya Kepemilikan Wuling Air ev, Butuh Rp 4,4 Juta buat Cas Baterai

Kompas.com - 01/11/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Air ev jadi salah satu mobil listrik yang banyak diminati karena banderol kompetitif, Rp 300 jutaan untuk varian tertinggi. Selain itu, biaya kepemilikannya ternyata relatif cukup terjangkau.

Banyak konsumen yang masih ragu untuk berpindah dari mobil konvensional ke mobil listrik. Dari segi biaya operasional, memiliki mobil listrik diklaim lebih hemat dibandingkan mobil konvensional.

Baca juga: Biaya Perawatan Bulanan Wuling Air ev, Cuma Rp 53.950

Sebagai gambaran berapa besar, redaksi Kompas.com mencoba menghitung dari data-data yang berhasil dikumpulkan. Begini ilustrasinya.

Informasi dari pihak Wuling Motors, total biaya perawatan Wuling Air ev sampai 100.000 Km atau kepemilikan 5 tahun, adalah Rp Rp 3.237.000. Biaya ini termasuk servis, ganti komponen, dan jasa di bengkel resmi.

Jadi, per tahun pemilik cukup menyiapkan dana Rp 647.400 untuk perawatan mobil listrik mungil ini.

Mobil listrik Wuling Air evKompas.com/Adityo Mobil listrik Wuling Air ev

Kemudian, ada beban biaya untuk mengecas baterai pada mobil listrik. Kalau pengecasan dilakukan hingga 100.000 km atau 5 tahun, jumlah berbeda jika dibandingkan dengan mengisi bensin mobil konvensional.

Untuk perbandingan, kali ini diambil pengecasan menggunakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan tarif Rp 2.475 per kWh.

Air ev tipe Long Range dibekali dengan baterai berkapasitas 26,7 kWh. Dengan baterai tersebut, mobil listrik ini dapat menempuh jarak hingga 300 km.

Jadi, untuk mengisi baterai hingga penuh, dibutuhkan biaya Rp 66.082. Hasil perkalian dari tarif listrik dan kapasitas baterai pada mobil.

Baca juga: Bahas Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik Wuling Air ev

Sehingga, kalau perhitungan untuk menempuh 100.000 km atau kepemilikan 5 tahun, maka biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp 22.027.333. Kalau dirata-rata maka biaya untuk cas baterai adalah Rp 4.405.466 per tahun.

Mengecas baterai mobil listrik Wuling Air ev di SPKLUKompas.com/Donny Mengecas baterai mobil listrik Wuling Air ev di SPKLU

Lalu, soal pajak juga Air ev termasuk sangat terjangkau. PKB yang perlu dibayarkan per tahun hanya Rp 385.500. Ditambah dengan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) sebesar Rp 143.000. Totalnya menjadi Rp 528.500.

Sehingga, jika ditotal semuanya, maka biaya kepemilikan dari mobil listrik Wuling Air ev tiap tahunnya mencapai Rp 5.581.366.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.