Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wuling Sebut Masalah Air EV Sudah Selesai, Bukan dari Komponen Baterai

Kompas.com - 28/10/2022, 18:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Motors Indonesia menyatakan bahwa seluruh keluhan pengguna Air EV yang tiba-tiba mati maupun tidak bisa disi daya sudah selesai ditangani. Pada kasus tersebut, tidak ditemukan masalah pada komponen baterai.

Brand & Marketing Director SGMW (Wuling Indonesia) Dian Asmahani dalam wawancara virtual terbatas menjelaskan, menurut hasil investigasi tim, komponen yang bermasalah ialah bagian alternator dan On Board Charging (OBC).

Penanganan dari perseroan, ialah mengganti modul pada bagian hardware yang bermasalah tersebut. Hanya saja memang untuk mendapatkan data kerusakan yang valid memerlukan waktu supaya penanganannya tepat.

Baca juga: Air EV Tidak Bisa Dicas, Wuling Indonesia Masih Pelajari Masalahnya

Dalam gelaran KTT G20, Wuling Air ev dipergunakan sebagai kendaraan resmi para delegasi dan organisasi internasionalDok. Wuling Dalam gelaran KTT G20, Wuling Air ev dipergunakan sebagai kendaraan resmi para delegasi dan organisasi internasional

"Untuk konsumen Angga Surya Perdana, tak ditemukan ada masalah pada mobilnya tetapi ternyata ada masalah pada kelistrikan rumah. Kemudian konsumen Lim Yan Wen, masalah pada bagian alternator," kata dia, Jumat (28/10/2022).

"Sementara untuk Adityo Setyawan, permasalahannya di bagian salah satu sirkuit charging yaitu OBC. Semua kasus ini tidak ada yang berhubungan ke baterai dan sudah selesai ditangani, jadi baterai aman," lanjut Dian.

Seluruh penganganan pada kerusakan tersebut, sepenuhnya ditanggung oleh perseroan karena masih termasuk garansi resmi yang bisa dicover.

Dalam upaya untuk mencegah hal serupa terjadi, pihak Wuling Indonesia mengaku akan memperketat pengawasan sebelum dan sesudah Air EV didistribusi ke konsumen.

Namun jika masih menemukan kasus serupa, Dian mengimbau agar pengguna bisa langsung menghubungi customer service dari Wuling Motors Indonesia supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Bocoran Harga Wuling Hybrid, Dijual Rp 480 Jutaan

Seremoni penyerahan puluhan unit mobil listrik Wuling Air ev pada Jusuf HamkaChristina Hartati Phan Seremoni penyerahan puluhan unit mobil listrik Wuling Air ev pada Jusuf Hamka

Sebelumnya diketahui, terdapat tiga pengguna Air EV yang mengeluh bahwa mobil tiba-tiba mati atau tidak bisa diisi dayanya. Seluruh cerita tersebut dibagikan ke laman grup komunitas pemilik Wuling Air EV di Facebook.

Sontak kabar ini menjadi viral mengingati Air EV merupakan produk mobil listrik pertama milik Wuling yang sudah didistribusikan hingga mencapai 2.000 unit.

"Jadi saya katakan sekali lagi semua kasus sudah selesai ditangani dan tak ada yang berhubungan pada baterai, komponen pendukung ke baterai saja yang bermasalah. Kita tangani dan masih masuk garansi," ucap Dian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.