Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/10/2022, 16:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Sistem pengapian mesin membutuhkan koil yang bertugas mengalirkan arus listrik untuk menuju ruang bakar. 

Bila koil bermasalah, efeknya akan langsung terasa. Paling utama performa mesin yang jadi menurun alias loyo. 

Pengendara biasanya akan menemukan gejala mesin tersendat yang dimulai dari tarikan bawah. Selain itu, akselerasi juga berkurang.

Saat kerusakan bertambah parah, mesin mobil akan terasa pincang. Selain gejalan tersebut, bagi pengendara awam ada cara lebih mudah mengenali masalah pada koil.

Baca juga: Alasan Innova Diesel Bekas Banyak Dicari meski Harga Relatif Tinggi

Tak perlu sampai membuka atau membokar mesin, cukup memperhatikan gas buang pada knalpot mobil. Bila terasa pedih di mata, hal itu sudah menjadi salah satu pertanda adanya masalah pada pengapian mobil.

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, asap kendaraan yang pedih di mata menandakan sistem pengapian tidak normal. 

"Campuran udara dan bahan bakar tidak seimbang karena ada komponen pengapian yang bermasalah," kata Bambang kepada Kompas.com, Jumat (28/10/2022). 

Muffler knalpot aftermarketDicky Aditya Wijaya Muffler knalpot aftermarket

Sistem pembakaran mesin akan beradaptasi menyesuaikan, khusus mobil injeksi. Data informasi kebutuhan bahan bakar dan udara bakal saling melengkapi, jadi tidak sampai berhenti total. 

Namun, biasanya kebutuhan bahan bakar akan naik 30 persen karena pengapian masing-masing silinder yang menjadi tak seimbang. 

"Busi atau koil pembakaran mati, sistem pengapian mesin jadi tidak rata tiap silinder. Silinder 1,2,3, dan sebagainya sama-sama membutuhkan pasokan BBM dengan volume berbeda," ujarnya. 

Baca juga: Peran Penting Turbocharger pada Mesin Diesel

Sementara itu, Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana menjelaskan, asap knalpot yang pedih jadi parameter buruknya sistem pembakaran mesin.

Mekanik bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang melakukan cek kondisi oli mesin Innova Reborn Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang melakukan cek kondisi oli mesin Innova Reborn

Menurut dia, jika pengendara mengalami kasus tersebut, sebaiknya langsung cek kondisi komponen busi dan koil. 

"Kuncinya busi dan koil tidak boleh sampai bermasalah. Satu saja dari kedua komponen bermasalah, bisa membuat pembakaran mesin kacau," ucap Andika. 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.