Kompas.com - 28/10/2022, 17:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas pembaruan luas dan dalam yang disajikan Toyota Vios generasi keempat, tak lengkap rasanya bila tidak merasakan sensasi berkendara langsung di balik kemudi.

Apalagi ubahan yang diberikan Toyota pada Vios generasi anyar ini cukup signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Mulai dari platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang sama seperti Toyota Avanza dan Raize.

Ketika mendapat kesempatan melakukan kencan singkat mengendarai Vios di jalan umum, redaksi langsung mengajaknya mengelilingi area BSD City, Tangerang.

Baca juga: TMMIN Setop Produksi Vios, Prioritaskan Avanza dan Veloz

Saat membuka pintu, mata langsung disajikan dengan pemandangan dari desain interior baru yang lebih mewah.

Sebelum berkendara, ritual yang dilakukan adalah mencari posisi berkendara yang nyaman. All New Vios sudah mengusung kemudi tilt dan telescopic, sehingga pengendara bisa bisa mendapatkan posisi mengemudi yang ergonomis.

Toyot Vios generasi terbaruKompas.com/Nanda Toyot Vios generasi terbaru

Ketika pertama duduk, posisi duduk tidak begitu rendah meski mobil ini merupakan segmen sedan. Bagian pilar A yang tidak begitu tebal membuat visibilitas pengemudi cukup baik, dari sisi depan, maupun samping kiri dan kanan.

Usai mendapatkan posisi duduk yang nyaman, langsung injak pedal rem dan geser transmisi CVT ke D. Tak lupa nonaktifkan tombol elektronik parkir brake, dan seketika mobil mulai bergerak masuk ke jalan raya.

Tampilan MID Vios terbaru sudah serba digital, secara keseluruhan, tampilan speedometer dan desain lingkar kemudinya mirip dengan Toyota Veloz.

Kesan taksi yang lekat menempel pada Toyota Vios seketika hilang, karena kemewahan yang ditawarkan di kabain.

Dari segi handling, Vios terbaru juga sudah lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya, lingkar kemudi terasa lebih enteng. Tentunya tak terlepas dari sistem gerak roda yang berpindah ke depan sehingga terasa cukup responsif.

Toyot Vios generasi terbaruKompas.com/Nanda Toyot Vios generasi terbaru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.