Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Sudah Mengembang Apakah Airbag pada Mobil Bisa Diperbaiki?

Kompas.com - 26/10/2022, 12:12 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Pada umumnya mobil dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan. Salah satunya airbag yang akan aktif ketika mobil mengalami tabrakan.

Kedua komponen ini sampai saat ini masih menjadi teknologi yang diandalkan oleh beberapa produsen mobil sebagai fitur keselamatan.

Sayangnya, fitur ini hanya akan aktif sekali saja. Bila airbag sudah meledak maka harus diganti dengan yang baru. Begitu juga dengan pretensioner, harus diganti dengan yang baru bila mobil masih menginginkan fitur tersebut.

Baca juga: Apa Benar Airbag yang Pernah Aktif Harus Segera Diganti?

Dual SRS AirbagToyota Astra Motor (TAM) Dual SRS Airbag

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan bila airbag sudah aktif maka harus segera diganti, tapi harga satu setnya mahal.

“Harga satu set airbag dan pretensioner bisa mencapai Rp 10 jutaan, jadi biasanya orang-orang tidak mau mengganti,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Selasa (25/10/2022).

Dia mengatakan bila pelanggan tidak mau mengganti, biasanya pihak bengkel melakukan langkah sederhana guna merapikan kondisi airbag dan pretensioner.

Baca juga: Ini Benturan yang Bisa Bikin Airbag Mobil Mengembang

Salah satu kendaraan yang terlibat laka di Jalan Wonosari, Piyungan, Bantul. Rabu (10/9/2022)Dok Polres Bantul Salah satu kendaraan yang terlibat laka di Jalan Wonosari, Piyungan, Bantul. Rabu (10/9/2022)

“Kalau tidak mau ganti, teknisi akan merapikan airbag yang sudah mengembang, sehingga komponen tersebut dilepas,” ucap Ibrohim.

Dia juga mengatakan bagian trim atau pelapis airbag bisa diganti dengan yang tipe non-airbag.

“Seperti airbag di sisi pengemudi, itu bisa diganti dengan yang non-airbag, jadi kondisi kemudi menjadi baru meski tidak disematkan fitur keselamatan,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Apa Benar Airbag pada Mobil Bisa Mengembang Meski Kecelakaan Ringan?

Perlu diperhatikan airbag bisa membahayakan penumpang pada kondisi tertentu.dok. Toyota Perlu diperhatikan airbag bisa membahayakan penumpang pada kondisi tertentu.

Dia mengatakan beberapa komponen yang rusak seperti pilar bisa dirapikan atau diganti yang baru. Jadi, tidak akan terlihat bila airbag mobil sudah pernah meledak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.