Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Benturan yang Bisa Bikin Airbag Mobil Mengembang

Kompas.com - 23/10/2022, 16:01 WIB
Erwin Setiawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

DEMAK, KOMPAS.com - Airbag menjadi fitur yang cukup diandalkan untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara.

Hanya saja, terkadang airbag bisa mengembang meski belum terlalu dibutuhkan lantaran terjadi kecelakaan ringan.

Hal tersebut ternyata wajar saja terjadi, karena airbag akan mengembang berdasarkan laporan dari crash sensor. Lantas, apa saja yang bisa memicu mengembangnya airbag?

Baca juga: Apa Benar Airbag pada Mobil Bisa Mengembang Meski Kecelakaan Ringan?

Driver airbag bisa mengembang bila terjadi kecelakaan.Kompas.com/Erwin Setiawan Driver airbag bisa mengembang bila terjadi kecelakaan.

Technical Leader Nasmoco Demak Eko Sulistyo, mengatakan mengembangnya airbag karena sensor mendeteksi telah terjadi beberapa jenis benturan.

“Di mobil ada crash sensor, dia bekerja sebagai pendeteksi benturan pada mobil, jadi ketika mobil mengalami benturan atau tumbukan maka dia akan melapor ke modul airbag untuk memerintahkan airbag mengembang,” ucap Eko kepada Kompas.com, Sabtu (22/10/2022).

Dia mengatakan dengan beberapa jenis kecelakaan maka sensor akan membaca bahwa ada ancaman untuk pengendara.

Baca juga: Cara Menonaktifkan Airbag Penumpang untuk Sementara

Airbag perlu dinonaktifakan pada kondisi tertentudok. Toyota Airbag perlu dinonaktifakan pada kondisi tertentu

“Seperti mobil menabrak pembatas jalan, mobil terjun, bagian bawah mobil nyangkut batu, dan lain sebagainya yang mana benturan itu berpotensi membuat pengendara cedera,” ucap Eko.

Sedangkan bila kecelakaan itu hanya bergesekan, atau ada tumbukan dari belakang kemungkinan airbag tidak akan mengembang karena letak sensor berada di depan dan samping saja.

“Sensor tersebut ada di samping dan depan, itu tujuannya untuk mengantisipasi bila ada tumbukan dari arah depan dan samping,” ucap Eko.

Baca juga: Awas Fitur Airbag pada Mobil Bisa Membahayakan Penumpang

Perlu diperhatikan airbag bisa membahayakan penumpang pada kondisi tertentu.dok. Toyota Perlu diperhatikan airbag bisa membahayakan penumpang pada kondisi tertentu.

Seperti yang diketahui bahwa kinerja airbag adalah menjaga pengendara tidak terhempas ke benda-benda yang keras di depan dan sampingnya.

“Airbag juga bekerja bersamaan dengan sabuk keselamatan yang akan mengencang otomatis bila airbag mengembang,” ucap EKo.

Jadi, ada beberapa pemicu airbag mengembang karena tidak semua jenis kecelakaan bisa menyebabkan pengendara cedera. Begitulah sistem yang dirancang pada fitur airbag pada mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com