Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menonaktifkan Airbag Penumpang untuk Sementara

Kompas.com - 21/10/2022, 18:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Fitur airbag pada mobil bertujuan untuk mengurangi risiko saat terjadi kecelakaan. Hal tersebut bisa mengurangi kemungkinan cedera yang dialami oleh pengendara.

Namun, pada suatu kondisi, airbag justru bisa membahayakan penumpang, yaitu ketika pengendara membawa bayi dan diletakkan di bangku penumpang depan meski dengan car seat.

Karena ketika airbag mengembang akan membuat ledakan yang menghasilkan gaya dorong, sehingga bisa membuat bayi terpental di meski berada di atas car seat. Sehingga, airbag perlu dinonaktifkan untuk sementara.

Baca juga: Fungsi Airbag Itu Membantu Efektivitas Sabuk Pengaman di Mobil

Airbag perlu dinonaktifakan pada kondisi tertentudok. Toyota Airbag perlu dinonaktifakan pada kondisi tertentu

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan untuk menonaktifkan airbag, pemilik kendaraan bisa melihat di buku manual kepemilikan kendaraan.

“Fitur ini hanya ada pada mobil-mobil premium saja, seperti Fortuner dan Innova, untuk mematikan fungsi airbag sementara bisa dilakukan dengan mudah, hanya membutuhkan anak kunci yang terdapat pada kunci kontak mobil,” ucap Didi kepada Kompas.com, Jumat (21/10/2022).

Dia mengatakan letak saklar on-off airbag ini berada di sebelah kiri dashboard, di sana terdapat tulisan yang cukup jelas sehingga mudah dipahami.

Baca juga: Pentingnya Sabuk Pengaman dan Airbag di Mobil

Airbag perlu dinonaktifkan untuk sementara pada kondisi tertentu.dok. Toyota Airbag perlu dinonaktifkan untuk sementara pada kondisi tertentu.

“Tinggal masukan anak kunci ke dalam lubang kunci, lalu diputar ke posisi Off, maka seharusnya fungsi airbag sudah tidak aktif,” ucap Didi.

Dia juga menjelaskan perlu melakukan konfirmasi, apakah fitur tersebut benar-benar bekerja dengan memposisikan kunci kontak ke On.

“Perlu dikonfirmasi apakah fitur tersebut bekerja dengan memposisikan kunci kontak mobil ke On, seharusnya menyala lampu ‘airbag Off’ di layar informasi ketika airbag dinonaktifkan,” ucap Didi.

Baca juga: Ada Masalah pada Airbag, Kia Carens Kena Recall

Perlu diperhatikan airbag bisa membahayakan penumpang pada kondisi tertentu.dok. Toyota Perlu diperhatikan airbag bisa membahayakan penumpang pada kondisi tertentu.

Bila tidak ada lampu menyala baik “airbag On atau Off” ketika kunci kontak pada posisi On, maka hal itu bisa menandakan bahwa fitur tersebut tidak bekerja dengan normal. Sehingga, pemilik mobil perlu melakukan pemeriksaan ke bengkel resmi.

Jadi, seperti itu cara menonaktifkan fitur airbag untuk sementara agar perjalanan Anda dengan si buah hati tetap aman dan minim risiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com