Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menakar Biaya Perbaikan Oli Rembes Innova Lawas?

Kompas.com - 21/10/2022, 15:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Sejak hadir pada 2004, Toyota Kijang Innova banyak diminati konsumen Tanah Air karena akomodasi yang luas. 

Berbicara tentang Innova, selain dari fungsinya yang mampu menampung banyak penumpang juga tak lepas dari beberapa penyakit yang banyak dikeluhkan pemilik mobil. 

Lantaran faktor usia, sejumlah kerusakan muncul dan membutuhkan perbaikan. Salah satunya adalah masalah oli mesin yang rembes di bagian blok. 

Oli rembes pada blok mesin berkode 1-TR FE Innova sumbernya berasal dari lapisan sealer cover timing chain yang mengelupas. Kasus tersebut biasanya kerap ditemui saat MPV keluarga ini sudah berusia 10 tahun keatas. 

Lantas berapa biaya perbaikannya? 

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Akan Ada Versi Logo Suzuki

Kempes, Pemilik Bengkel Anugrah Abadi Karangawen mengatakan, rembesan oli mesin yang keluar dari celah cover timing chain bisa bertambah banyak karena tekanan kompresi. 

"Jadi melebar, awalnya kecil tapi tekanan mesin 2.000 cc yang besar, lapisan sealer jadi meleleh. Perbaikannya, blok mesin bagian atas yakni area kepala silinder di lepas untuk di sealent ulang," ucap Kempes kepada Kompas.com, Jumat (21/10/2022). 

Cover Timing Chain InnovaDicky Aditya Wijaya Cover Timing Chain Innova

Khawatirnya, jika tak segera tertangani volume oli mesin berkurang dan membahayakan komponen jeroan blok mesin. Karena sudah berumur, gasket slinder head detail fisiknya juga akan diperiksa memastikan air radiator dan oli tidak tercampur. 

Lama waktu perbaikan bisa sekitar 1-2 hari karena lapisan lem cover timing chain harus benar-benar kering.

Sambil menunggu, kata Kempes, komponen seperti timing chain, cylinder head, dan klep dibersihkan dari sludge oli agar performa mesin kembali prima.

"Komponen yang di bongkar dibersihkan dan kita cek apakah fungsinya normal atau bermasalah," kata dia. 

Kempes mengatakan, perbaikan kebocoran oli mesin dari cover timing chain hitungannya masuk kategori sedang. Patokannya, berdasarkan jumlah komponen-komponen yang harus dibongkar. 

Perbaikan oli rembes Kijang Innova bensin biaya Rp 880 ribuDicky Aditya Wijaya Perbaikan oli rembes Kijang Innova bensin biaya Rp 880 ribu
"Biaya perbaikan kisaran Rp 1 jutaan, part yang dibutuhkan lem sealent untuk melapisi cover timming chain, gasket packing head, dan seal busi," katanya. 

Rincian biaya perbaikan dan suku cadang yang dibutuhkan, yaitu:

Baca juga: Kenali Tanda Engine Mounting pada Mobil Harus Diganti

Seal gasket packing head Innova Bensin, Rp 65 ribu 

Seal packing busi, Rp 65 ribu 

Oli Mesin TMO, Rp 400 ribu 

Jasa, Rp 350 ribu

 

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com