Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Kompak Mitsubishi Pesaing HR-V dan Creta Bakal Dirakit di Indonesia?

Kompas.com - 21/10/2022, 14:12 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi XFC Concept sudah resmi diperkenalkan secara global. Namun, SUV kompak ini masih meninggalkan banyak pertanyaan.

Salah satunya adalah soal basis perakitannya. Menurut rumors yang beredar, XFC Concept akan dibangun dengan basis Xpander.

Baca juga: Hyundai Santai Tanggapi Hadirnya Mitsubishi XFC Concept, Pesaing Creta

Untuk diketahui, Xpander menjadi MPV crossover yang sangat laris penjualannya hingga Mitsubishi mendirikan pabrik untuk mobil penumpang di Cikarang, Bekasi Jawa Barat, pada April 2017.

Mitsubishi XFC ConceptDok. Mitsubishi Mitsubishi XFC Concept

Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang diolah oleh Kompas.com, penjualan Xpander secara nasional tercatat ada di peringkat ke-12. Untuk September 2022, andalan Mitsubishi ini penjualannya mencapai 3.282 unit, ada di urutan ketiga setelah Toyota Avanza dan Veloz.

Pabrik Mitsubishi di Cikarang tidak hanya untuk memenuhi permintaan konsumen dalam negeri saja, tapi juga untuk ekspor. Setelah itu, Mitsubishi juga mendirikan pabrik perakitan Xpander di Vietnam dan Malaysia.

Baca juga: Mitsubishi Akan Rilis SUV Kompak Pesaing HR-V, Ini Komentar Honda

Mitsubishi menyebutkan bahwa versi produksi dari XFC Concept nantinya tak hanya untuk pasar ASEAN saja. Tapi, akan dipasarkan juga di negara-negara di luar ASEAN.

Mitsubishi Xpander Ultimate CVTKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi Xpander Ultimate CVT

Tujuan tersebut cocok dengan pabrik Mitsubishi yang ada di Cikarang. Menurut data dari Gaikindo, Xpander buatan Indonesia juga diekspor ke Mesir, Peru, Kongo, Bolivia, Nepal, dan lainnya.

Namun, saat dikonfirmasi, Mitsubishi masih enggan memberikan jawaban kapan dan di mana XFC Concept akan diproduksi.

Mitsubishi XFC ConceptDok. Mitsubishi Mitsubishi XFC Concept

"Ini concept car dengan konsep Compact SUV. Mass production-nya kapan dan di mana, masih tunggu tanggal mainnya," Deputy Group Head Planning & Communication PT MMKSI Intan Vidiasari, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (19/10/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com