Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2022, 12:42 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Mobil memerlukan perawatan secara teratur agar performanya tetap prima. Tidak hanya pada bagian mesin, tapi bagian penunjang kenyamanan juga perlu dirawat.

Salah satunya adalah sistem AC, bagian ini perlu dirawat secara teratur agar udara yang bersirkulasi di dalam kabin tetap sejuk dan sehat.

Maka dari itu, filter kabin perlu diperhatikan karena komponen ini satu-satunya penyaring udara yang bersirkulasi di dalam kabin.

Baca juga: Patokan Ganti Filter Kabin agar AC Mobil Tetap Optimal

 

Filter kabin harus dibersihkan secara berkala, dan diganti bila perluKompas.com/Erwin Setiawan Filter kabin harus dibersihkan secara berkala, dan diganti bila perlu

Mekanik Aha Spesialis Nissan & Datsun Yanto, mengatakan penggantian filter kabin seharusnya dilakukan secara berkala agar penyaringan udara di dalam kabin maksimal.

“Setiap mobil menempuh jarak 40.000 Km sebaiknya filter kabin diganti, dan setiap melakukan servis sebaiknya dibersihkan,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Kamis (20/10/2022).

Dia mengatakan udara yang bersirkulasi di dalam kabin sebenarnya membawa partikel-partikel debu yang tak kasat mata, yang kurang baik untuk tubuh.

Baca juga: Apa Jadinya jika Mobil Tanpa Filter AC?

“Udara yang bersirkulasi di dalam kabin tentu tidak luput dari debu-debu kecil yang berterbangan, maka dari itu perlu disaring agar kualitas udara di dalam kabin baik,” ucap Yanto.

Dia juga mengatakan filter kabin perlu diganti karena lama-lama debu akan terkumpul di filter, membuat kemampuan filter berkurang dalam menyaring debu.

“Lama-lama filter akan bertumpuk debu, jika tidak dibersihkan akan membuat embusan angin sejuk AC terhalang, jadi udara menjadi kurang sejuk, pembersihan filter kabin juga tidak akan maksimal karena hanya disemprot angin, maka dari itu perlu diganti secara berkala,” ucap Yanto.

Baca juga: Jangan Tunda, Tanda Filter AC Mobil Harus Segera Ganti

Jadi, selain bisa dibersihkan dengan disemprot angin bertekanan, filter kabin harus diganti secara berkala setiap menempuh jarak 40.000 Km.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.