Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Jalan Bergelombang di Bengkulu, Membahayakan dan Merusak Kendaraan

Kompas.com - 19/10/2022, 19:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalanan di Indonesia memang beragam, ada yang mulus tapi tidak sedikit yang bergelombang. Jalan yang bergelombang ini sebenarnya yang berbahaya jika pengemudi tidak melihatnya sehingga bisa berakibat kecelakaan.

Misal seperti pada video yang diunggah akun avicenapersada di Tiktok, memperlihatkan kondisi jalan di daerah Bengkulu yang bergelombang. Jalan tampak turun cukup dalam dan tidak terlihat jika dari jauh.

"Seremnya ini harus diperbaiki dulu nih Kaur (Kabupaten di Bengkulu)," ucapnya pada video tersebut dikutip Kompas.com, Rabu (19/10/2022).

Baca juga: Netizen Heboh Lubang Tangki Nissan Grand Livina Keropos

@avicenapersada #fyp ? suara asli - avicenapersada

 

Tampak dua kendaraan terlambat mengerem sehingga melewati lubang tersebut cukup keras. Sampai bagian bawah mobil berwarna silver mengenai aspal atau gasruk.

Menanggapi kondisi jalan seperti di video tersebut, Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre mengatakan, untuk mobil dengan ground clearance rendah bisa bahaya juga untuk pengemudinya.

"Bahayanya bisa cedera leher kalau terlalu keras. Kalau motor dengan kecepatan yang tinggi bisa terlontar dan pengendaranya terjatuh saat mendarat," ucap Marcell kepada Kompas.com, Rabu (19/10/2022).

Baca juga: Tanda-tanda Transmisi Matik pada Mobil Mulai Bermasalah


Selain mobil yang gasruk tadi, kaki-kaki kendaraan juga bisa cepat rusak. Seharusnya bisa diatasi jika jalan pelan-pelan, namun akan sulit dilakukan jika tidak ada rambu-rambu yang mengingatkan.

"Rambu bisa dari warga lokal, tapi yang paling bertanggung jawab ya Dishub dan Polantas di kota tersebut. Jangan sampai tunggu ada korban dulu baru ada tindakan," ucap Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.