Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/10/2022, 11:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Tak selalu karena masalah bahan bakar atau busi, mobil matik yang tarikannya terasa berat juga bisa disebabkan masalah pada sektor transmisi.

Apalagi untuk matik yang mengusung Continuous Variable Transmission (CVT), namun pemakaiannya terkesan asal-asalan.

Paling sering jadi korban adalah kampas koplingnya. Kebiasaan buruk seperti jarang menetralkan gigi transmisi di lampu merah, jadi salah satu dalangnya. 

Selain itu, banyak pengemudi yang menahan mobil di tanjakan curam mengandalkan transmisi, kasusnya mirip seperti mode setengah kopling mobil manual. 

Baca juga: Mana Lebih Baik, Servis Berkala Berdasarkan Waktu atau Jarak Tempuh?

Kampas kopling matik yang bermasalah, gejalanya mobil seperti kehilangan tenaga mendadak dan sangat terasa ketika melakukan kick down.

Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik DaihatsuKompas.com/Donny Transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) milik Daihatsu

Perpindahan gigi transmisi juga lambat dan membutuhkan jeda, kesannya jadi kurang responsif. 

Hermas E Prabowo Pemilik Worner Matic mengatakan, pergantian kampas kopling matik masuk kategori perbaikan besar. Komponen girboks transmisi turun total, baru rumah kopling di bongkar. 

"Kampas kopling matik letaknya di dalam rumah kopling, komponen lain seperti bearing, dan valve body juga ikut di cek. Kalau masih bagus kita bersihkan, biar kinerja kembali prima," ucap Hermas kepada Kompas.com, Selasa (18/10/2022). 

Baca juga: Fenomena Polisi yang Aktif Dalam Komunitas Otomotif

Proses perbaikan biasanya selama 2-3 hari tergantung tingkat kesulitan karena desain transmisi beberapa merk mobil yang beda-beda. 

Rumah kopling jadi perhatian serius, terutama memastikan kebocoran oli. Rembesan saja jika mobil melewati genangan air, oli gampang terkontaminasi air. 

Overhaul transmisi matik Toyota Harrier Bengkel Worner Matic Overhaul transmisi matik Toyota Harrier

"Pada proses ganti kampas kopling, rumah kopling diperiksa detail, antisipasi kebocoran oli yang berpeluang jadi celah masuknya air saat melewati genangan banjir," ucapnya. 

Baca juga: Efek Buruk Paksa Mobil Matik Terabas Banjir

Hermas mengatakan, biaya pergantian kampas kopling matik harganya beda-beda tiap jenis mobil. Biasanya, untuk MPV seperti Kijang Innova dikenakan biaya Rp 6 jutaan. 

"Jasa sama part sudah jadi sepaket itu. Kalau partnya saja, kampas kopling matik kisaran Rp 3,5 juta," kata dia. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.