Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2022, 18:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins tampil gemilang pada MotoGP Australia yang diselenggarakan di Sirkuit Phillip Island, Minggu (16/10/2022).

Podium pertama Alex Rins bisa menjadi kenangan manis bagi Suzuki. Karena pabrikan asal Hamamatsu itu akan meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2022.

Dalam balap pada Minggu pagi itu, pebalap asal Spanyol awalnya start dari posisi ke-10, hingga akhirnya berhasil finis pertama dengan capaian waktu 40 menit 50,654 detik.

Baca juga: Hasil MotoGP Australia, Balapan Penuh Aksi, Rins Juara, Marquez Podium

Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins Foto: Twitter Alex Rins Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins

Kemenangan Rins tentu saja disebabkan beberapa faktor. Selain cuaca dan ketepatan dalam pemilihan jenis ban, performa apik Rins juga didukung dengan motor andalannya Suzuki GSX-RR.

Bisa dibilang, mesin in-line motor MotoGP Suzuki GSX-RR mampu mempecundangi mesin-mesin V4 Honda dan Ducati. Tercatat selain Suzuki, hanya Yamaha saja yang mengusung mesin berkonfigurasi in-line.

Di atas kertas, Suzuki GSX-RR dibekali mesin berpendingin cairan, 4 stroke, 4 silinder segaris, DOHC 4 klep, berkapasitas 1.000 cc, yang dikombinasikan dengan girboks 6 percepatan yang didukung Seamless System.

Baca juga: Mirip Revo Koperasi, Bebek Baru Honda Pakai Roda Ukuran Belang

Spesifikasi Suzuki GSX-RRDok. Suzuki Spesifikasi Suzuki GSX-RR

Tenaga maksimum motor ini mencapai lebih dari 240 PS atau setara 238 Tk. Adapun kecepatan tertingginya 340 kpj.

Sementara itu, dimensi Suzuki GSX-RR memiliki panjang 2.096 mm, lebar 720 mm, tinggi 1.140 mm, serta wheelbase (jarak sumbu roda 1.457 mm).

Adapun bobot motor ini 157 kg ini dengan sasis twin-spar aluminium, dan dibekali suspensi depan dan suspensi belakang dari Öhlins.

Kemudian, sistem pengereman sudah menggunakan rem cakram berbahan karbon besutan Brembo. Sedangkan software-nya menggunakan Magneti Marelli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.