Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asapi Motor Ducati dan Honda, Ini Spek Motor Suzuki GSX-RR Alex Rins

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins tampil gemilang pada MotoGP Australia yang diselenggarakan di Sirkuit Phillip Island, Minggu (16/10/2022).

Podium pertama Alex Rins bisa menjadi kenangan manis bagi Suzuki. Karena pabrikan asal Hamamatsu itu akan meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2022.

Dalam balap pada Minggu pagi itu, pebalap asal Spanyol awalnya start dari posisi ke-10, hingga akhirnya berhasil finis pertama dengan capaian waktu 40 menit 50,654 detik.

Kemenangan Rins tentu saja disebabkan beberapa faktor. Selain cuaca dan ketepatan dalam pemilihan jenis ban, performa apik Rins juga didukung dengan motor andalannya Suzuki GSX-RR.

Bisa dibilang, mesin in-line motor MotoGP Suzuki GSX-RR mampu mempecundangi mesin-mesin V4 Honda dan Ducati. Tercatat selain Suzuki, hanya Yamaha saja yang mengusung mesin berkonfigurasi in-line.

Di atas kertas, Suzuki GSX-RR dibekali mesin berpendingin cairan, 4 stroke, 4 silinder segaris, DOHC 4 klep, berkapasitas 1.000 cc, yang dikombinasikan dengan girboks 6 percepatan yang didukung Seamless System.

Tenaga maksimum motor ini mencapai lebih dari 240 PS atau setara 238 Tk. Adapun kecepatan tertingginya 340 kpj.

Sementara itu, dimensi Suzuki GSX-RR memiliki panjang 2.096 mm, lebar 720 mm, tinggi 1.140 mm, serta wheelbase (jarak sumbu roda 1.457 mm).

Adapun bobot motor ini 157 kg ini dengan sasis twin-spar aluminium, dan dibekali suspensi depan dan suspensi belakang dari Öhlins.

Kemudian, sistem pengereman sudah menggunakan rem cakram berbahan karbon besutan Brembo. Sedangkan software-nya menggunakan Magneti Marelli.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/16/182100915/asapi-motor-ducati-dan-honda-ini-spek-motor-suzuki-gsx-rr-alex-rins

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke