Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/10/2022, 18:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Karoseri Laksana tampak mau mengekspor bodi buatannya dalam waktu dekat. Hal ini bisa dilihat dari unggahan Karoseri Laksana di Instagram resmi, Kamis (13/10/2022).

Pada unggahan tersebut, tertulis 'Laksana kedatangan chassis unik posisi setir di kiri, kira-kira mau dipakai siapa ya?. Tentu sasis tersebut bukan untuk jalanan Indonesia, di mana posisi setirnya ada di kanan.

Oleh karena itu, kemungkinan besar sasis tersebut akan dijual untuk pasar ekspor. Namun kalau lihat lagi negara tujuan ekspor Laksana seperti Bangladesh dan Kepulauan Fiji, keduanya memakai setir kanan juga.

Baca juga: Bus Baru PO Subur Jaya, Jadi SHD Pertama yang Pakai Sasis Hino RM

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Lalu ke mana negara tujuan dari bodi bus ini nantinya?

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto menjelaskan, ada empat sasis Scania K410iB yang datang ke Karoseri Laksana. Ketika ditanya negara mana yang akan memiliki bus tersebut, masih belum diberikan bocoran.

"Iya (tujuan baru), di luar Bangladesh dan Fiji. Pokoknya wilayah Asia Tenggara," ucap Werry kepada Kompas.com, Jumat (14/10/2022).

Baca juga: Land Cruiser 78 dan 79 Jadi Mobil Operasional Freeport Indonesia


Kalau dirinci lagi, ada lima negara yang posisi setirnya di kiri di Asia Tenggara. Sebut saja Kamboja, Myanmar, Laos, Vietnam, dan Filipina.

Keunikan lain dari sasis bus yang datang ke Laksana itu adalah mesinnya yang besar, namun cuma dua as roda. Padahal, kalau di Indonesia, Scania K410iB memakai tiga as roda atau biasa disebut tronton.

Kira-kira, ke mana nantinya bus dari Laksana ini akan berlabuh? mari kita tunggu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.