Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu yang Tepat Oper Gigi 1 pada Mobil Transmisi Manual?

Kompas.com - 14/10/2022, 17:12 WIB

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Mengendarai mobil transmisi manual memang tidak hanya membutuhkan keterampilan, tapi juga perlu melibatkan rasa.

Pengendara mobil manual perlu memahami kapan waktu yang tepat menggunakan gigi rendah, kapan waktunya mengoper ke gigi yang lebih tinggi. Semua itu akan terbiasa seiring dengan praktik mengemudi yang dilakukan.

Seperti halnya gigi 1 pada transmisi manual, itu ternyata ada cara mainnya; kapan waktu yang tepat menggunakannya dan kapan dilarang menggunakannya.

Baca juga: Pakai Mobil Transmisi Manual Jangan Salah Oper Gigi

Interior Suzuki Baleno Hatchback facelift dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Suzuki New Baleno hadir dengan dua pilihan sistem transmisi. Untuk transmisi manual, dibanderol Rp 262,9 juta (OTR Jakarta). Sementara transmisi matik, harganya Rp 274,9 juta (OTR Jakarta).KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Interior Suzuki Baleno Hatchback facelift dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Suzuki New Baleno hadir dengan dua pilihan sistem transmisi. Untuk transmisi manual, dibanderol Rp 262,9 juta (OTR Jakarta). Sementara transmisi matik, harganya Rp 274,9 juta (OTR Jakarta).

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan ada waktu-waktu yang tepat untuk menggunakan gigi 1, itu akan membuat pengendara lebih mudah mengendarai mobil manual.

“Melihat dari fungsinya, gigi 1 merupakan roda gigi yang menghasilkan putaran yang paling pelan tapi memiliki momentum yang tinggi, jadi pantas digunakan untuk mengawali laju kendaraan dari posisi berhenti,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (14/10/2022).

Dia mengatakan gigi 1 sebaiknya digunakan bila memang kendaraan sudah berhenti atau akan mulai jalan saja atau jika dikonversikan ke dalam satuan kecepatan 0 - 15 Km per jam.

Baca juga: Sering Lewati Genangan Air Kampas Kopling Mobil Manual Cepat Habis?

Toyota GR Supra akan mendapat opsi sistem transmisi manualDok. Toyota Toyota GR Supra akan mendapat opsi sistem transmisi manual

“Mengendarai mobil manual itu butuh lebih banyak hal yang diperhatikan, kalua harus sampai menghapal gigi 1 untuk kecepatan berapa sampai berapa, terus harus melihat speedometer dan kondisi jalan, itu tidak mudah bagi sebagian orang,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan perlu disederhanakan yaitu dengan mengartikan kegunaan gigi 1 hanya bila kendaraan berhenti.

“Jadi selama mobil masih melaju ya cukup gigi 2 saja, gigi 1 tidak usah dipikir,” ucap Ibrohim.

Baca juga: Cara Aman Mengemudikan Mobil Transmisi Manual buat Pemula

Ilustrasi tuas transmisi manual mobil ToyotaJames Gilboy/thedrive.com Ilustrasi tuas transmisi manual mobil Toyota

Dia mengatakan bahkan bila saat sedang nanjak, jika tidak kepepet maka tidak disarankan pasang gigi 1.

“Bergantung beban dan tanjakan, bisa sampe gigi 1 kalau benar-benar tanjakan terjal disertai penumpang penuh, tapi umumnya sampai di gigi 2 saja cukup,” ucap Ibrohim

Jadi, waktu yang paling tepat menggunakan gigi 1 adalah ketika posisi kendaraan masih berhenti sampai jalan pelan atau kecepatannya setara 15 Km per jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.