Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengaku Tertekan, Quartararo Minta Maaf Usai Melakukan Aksi Bungkam

Kompas.com - 14/10/2022, 15:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai melakukan aksi bungkam menyusul hasil buruk di MotoGP Thailand, Fabio Quartararo meminta maaf menjelang Grand Prix Australia.

Seperti diketahui, juara dunia MotoGP 2021 itu mengalami masa sulit di tiga seri terakhir MotoGP 2022. Bahkan di MotoGP Thailand, Quartararo hanya mampu finis di posisi ke-17.

Hasil tersebut membuatnya tak mendapatkan tambahan poin. Alhasil, jarak antara Quartararo dengan Francesco Bagnaia yang berada di posisi kedua klasemen sementara semakin tipis, yakni hanya selisih dua poin.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Australia, Zarco Kembali Jadi yang Tercepat

Usai balapan di Sirkuit Buriram, Quartararo pun bungkam. Rider 23 tahun itu mendiamkan seluruh anggota tim dan media usai balapan akibat kekecewaan yang mendalam.

Sikap diam Quartararo pun menjalar di media sosial. Akun Instagram pribadinya sempat menghilang. Namun, tak berselang lama akun tersebut muncul lagi tanpa foto profil dengan keterangan biodata ‘having a break’.

Fabio QuartararoTangkapan layar akun instagram Fabio Quartararo Fabio Quartararo

Saat konferensi pers MotoGP Australia, rider berusia 23 tahun itu pun mengungkapkan permintaan maaf.

"Saya mengambil keputusan untuk tidak berbicara dengan media dan saya meminta maaf kepada semua orang yang berada di Thailand. Itu sangat sulit dan saya tidak punya perasaan,” ucap Quartararo, dikutip dari Crash, Jumat (14/10/2022).

“Tentu saja saya mengharapkan balapan yang jauh lebih baik. Kami membuat kesalahan sejak awal dimulai dengan tekanan ban yang sangat tinggi dan pada akhir balapan itu sulit,” lanjutnya.

Quartararo melanjutkan, saat ini dirinya tengah fokus memikirkan pertarungan gelar juara dunia. Tidak hanya dengan Bagnaia, tetapi juga Aleix Espargaro, Jack Miller dan Enea Bastianini.

Fabio Quartararo saat menjalani Tes Misano 2022. Fabio Quartararo masih memimpin klasemen MotoGP 2022 meski harus puas finis ke-8 pada balapan MotoGP Jepang 2022 yang digelar di Sirkuit Motegi, Minggu (25/9/2022).Twitter @YamahaMotoGP Fabio Quartararo saat menjalani Tes Misano 2022. Fabio Quartararo masih memimpin klasemen MotoGP 2022 meski harus puas finis ke-8 pada balapan MotoGP Jepang 2022 yang digelar di Sirkuit Motegi, Minggu (25/9/2022).

“Kami harus memikirkan kejuaraan, tetapi saya ingin menjalaninya balapan demi balapan. Poin saya dengan Pecco hampir sama, tetapi untuk saat ini saya tidak hanya melihat Pecco, Masih ada Aleix, Jack, Enea, yang bertarung untuk mengumpulkan poin,” katanya.

Meski begitu, Quartararo mengaku cukup pede menghadapi pertarungan gelar. Mengingat dirinya sudah memiliki pengalaman yang diperoleh baik dari keberhasilan maupun kegagalan yang dilaluinya pada musim 2020 dan 2021.

Baca juga: Kendaraan Listrik Bisa Kurangi Separuh Emisi Karbon

“Memiliki gelar dari tahun lalu memberi saya lebih banyak kepercayaan diri dan pengalaman. Sementara pengalaman dua tahun terakhir (saat bertarung dengan Mir) membantu saya untuk tetap tenang dalam situasi ini,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.