Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Subur Jaya, Jadi SHD Pertama yang Pakai Sasis Hino RM

Kompas.com - 14/10/2022, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Subur Jaya baru saja mengambil satu unit bus dari Karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur. Bedanya, bus yang diambil kali ini memakai bodi Jetbus 3+ SHD di atas sasis Hino RM.

Disebutkan juga kalau unit ini adalah yang pertama ketika dilakukan kombinasi sasis Hino RM dengan bodi Jetbus SHD. Sebelumnya, PO Subur Jaya juga mengambil satu unit bus di Busworld 2022, memakai sasis Hino RM dan bodi Jetbus MHD.

Yohan Setiawan, Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro mengatakan, bodi Jetbus SHD ketika dipasang dengan sasis Hino RM punya bagasi yang lega.

Baca juga: Bus Baru PO Ramayana, Pakai Produk Baru Morodadi Prima

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)

 

"Jetbus SHD yang sekarang bagasinya tembus, kalau dulu tembus atasnya saja. Selain itu bagasi SHD juga lebih tinggi dari MHD," ucap Yohan kepada Kompas.com, Jumat (14/10/2022).

Secara tampilan, memang bodi SHD milik PO Subur Jaya cukup sederhana, tidak banyak perbedaan dengan SHD lainnya. Sedangkan di bagian kabin, diisi 50 bangku yang disusun dua kanan dan dua kiri.

"Di kabin juga ada dispenser," ucap Yohan.

Baca juga: Honda PCX 150 Mudah Dibobol Maling, Ini Kata AHM

Kemudian, disediakan juga dua smart TV berukuran besar di depan dan tengah kabin. Jadi selama perjalanan akan ditemani sistem hiburan yang canggih.

Bicara lagi soal sasis, Hino RM punya tenaga 280 PS. Selain itu, jenis sasis yang digunakan adalah space frame, sehingga bisa dibuat bagasi yang lega.

Kelebihan lain dari Hino RM adalah model suspensi udara yang digunakan adalah tipe wide atau lebar. Oleh karena itu, kaki-kaki tersebut bisa menopang bodi SHD yang tinggi, sekitar 3,85 meter.

Nampaknya, kombinasi bodi SHD dengan sasis Hino RM akan semakin sering ditemui di jalanan. Mengingat dengan harga sasis yang cukup ekonomis, ditambah ruang bagasi yang ekstra lega, cocok untuk AKAP maupun pariwisata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com