Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2022, 13:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Baru-baru ini aksi pencurian sepeda motor terbilang cukup canggih. Dalam hitungan detik, maling sudah bisa mengambil motor yang diincar.

Salah satunya yang sering terjadi pada Honda PCX 150, meski sudah punya fitur keyless dan smart key, skutik ini tetap menjadi sasaran maling.

Padahal, fitur keyless bertujuan untuk membuat motor lebih aman dari sasaran tangan jahil. Sebab, motor yang berteknologi keyless sudah tidak lagi memakai anak kunci konvensional.

Sebagai gantinya diberikan remote yang memiliki gelombang frekuensi tertentu yang sudah di-setting hanya cocok dengan satu motor.

Baca juga: Terobos Banjir, Pengendara Motor di Bogor Terseret Air dan Hilang di Gorong-gorong

Honda All-New PCX 150.Astra Honda Motor (AHM) Honda All-New PCX 150.

Meski begitu, fitur tersebut rupanya tidak 100 persen aman dari tindak kejahatan. Aksi mereka biasanya hanya bermodalkan sebuah instalasi elektrikal sederhana yang berfungsi untuk membuka akses kunci motor, dengan melakukan bypass ECU motor.

Menanggapi ramainya kasus PCX 150 yang jadi incaran maling, General Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin, mengatakan, pihaknya mengaku belum pernah menerima laporan tersebut.

“Prinsipnya, potensi pencurian kendaraan bisa terjadi pada kendaran apa saja, mengingat pelaku dapat menggunakan berbagai macam cara dalam melakukan tindak pencurian,” ujar Muhib, kepada Kompas.com (12/10/2022).

Baca juga: Baterai Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 Bermasalah, Begini Kata Pakar

Oleh karena itu, pengguna kendaraan disarankan untuk waspada dan selalu berhati-hati saat memarkirkan kendaraannya.

“Pastikan lokasi parkir aman, tidak meninggalkan kunci pada motor. Jika perlu motor dilengkapi dengan kunci pengaman tambahan untuk mengurangi potensi terjadinya pencurian,” kata dia.

Sebelumnya, Supriyanto, pemilik bengkel spesialis kelistrikan Abdigas Motor, mengatakan, motor keluaran pabrik yang sudah menggunakan keyless sangat mungkin untuk dicuri.

Baca juga: Usai Bungkam, Quartararo Mengaku Siap Balapan di MotoGP Australia

Teknologi keyless pada sepeda motor Honda yang diberi nama Smart Key SystemDok. AHM Teknologi keyless pada sepeda motor Honda yang diberi nama Smart Key System

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.