Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintu Mobil Seret Ketika Terbuka, Kenali Masalahnya

Kompas.com - 14/10/2022, 11:22 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pintu mobil adalah komponen yang sering dijumpai oleh pengendara. Bahkan hampir setiap hari pengendara mobil melihat bahkan mengoperasikannya.

Cara kerja pintu pada umumnya hanya membuka dan menutup, meski ada yang membukanya ke atas, digeser dan lain sebagainya. Tapi yang lebih sering dijumpai adalah yang membuka ke arah luar pada salah satu sisinya.

Nah, ternyata pintu tersebut memiliki karakter yang khas. Bila karakter ini tidak ada, kemungkinan ada komponen pintu yang sudah rusak.

Baca juga: Ada Fenomena Air Hujan Masuk ke Pintu Mobil, Normal atau Tidak?

Ilustrasi buka pintu mobilDicky Aditya Wijaya Ilustrasi buka pintu mobil

Mekanik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Yanto mengatakan, pintu mobil biasanya memiliki karakter yang khas ketika dibuka.

“Ketika dibuka, pintu mobil seharusnya tidak seret dan tidak terlalu ringan, hal itu perlu dikenali oleh pemilik mobil agar ketika karakter tersebut sudah tidak melekat pada pintu mobil, maka kemungkinan ada yang perlu diperbaiki,” ucap Yanto kepada Kompas.com, Kamis (13/10/2022).

Dia mengatakan pintu mobil yang seret ketika saat dibuka, itu menandakan ada yang bermasalah pada komponen pintu, dan perlu diperbaiki.

Baca juga: Bahaya Mobil Parkir di Pinggir Jalan, Buka Pintu Mobil Bikin Celaka

talang airKompas.com/Erwin Setiawan talang air

“Kalau seret biasanya disebabkan oleh engsel pintu yang butuh pelumasan, biasanya kotor atau mengering, sehingga pintu seret ketika membuka dan meneutup,” ucap Yanto.

Dia juga menjelaskan selain karena engsel, pintu yang seret ketika membuka dan menutup bisa disebabkan oleh rusaknya bentuk pintu karena kecelakaan.

“Kalau bentuk pintu rusak, misal karena kecelakaan biasanya bisa membuat pintu seret karena ada bagian yang bersentuhan yang seharusnya tidak,” ucap Yanto.

Baca juga: Jangan Panik, Ini Cara Buka Pintu Mobil Saat Baterai Remote Habis

power windowKompas.com/Erwin Setiawan power window

Yanto mengatakan sebaliknya, bila pintu terlalu ringan saat membuka dan menutup itu juga menandakan ada komponen pintu yang rusak.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.