Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Panik, Ini Cara Buka Pintu Mobil Saat Baterai Remote Habis

Kompas.com - 30/07/2022, 10:22 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Remote keyless dinilai lebih modern dan memudahkan, tetapi bisa sangat merepotkan pengguna mobil saat baterainya mulai lemah atau habis.

Pasalnya, baterai yang mulai soak akan memengaruhi sensitivitas sinyal yang ditangkap transponder, dan membuat pintu mobil sulit terbukan.

Namun, jangan khawatir dan panik karena meski remote keyless habis, pemiliknya masih bisa membuka pintu mobil. 

Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro mengatakan, saat baterai remote habis, pintu mobil tetap bisa dibuka menggunakan anak kunci.

Baca juga: Remote Keyless Mobil Hilang, Ini Kisaran Dana yang Harus Disiapkan 

"Anak kunci digunakan dalam keadaan darurat, bagian atas atau belakang biasanya dilengkapi tombol atau seperti tuas. Lalu, pencet sambil ditarik, kemudian tinggal colokkan ke lubang kunci pada hendel mobil," kata Andik kepada Kompas.com, beberapa waktu kemarin. 

Kunci keyless entry ToyotaZulfana K. Rijal Kunci keyless entry Toyota

Sesudah pintu terbuka, pemilik juga masih bisa menghidupkan mesin mobil dengan cara mendekatkan remote keyless ke tombol start stop

Bukan hanya karena baterai yang sudah lemat, masalah keyless yang tak berfungsi ternyata juga bisa diakibatkan hal lain.

Service Advisor Kia Motor Semarang Septi Pradana mengatakan, selain baterai mulai lemah, lokasi parkir dekat pemancar radio atau jaringan seluler bisa menganggu frekuensi.

Baca juga: Rekayasa Wujud Fortuner Terbaru yang Terinspirasi SUV Amerika

"Kalau alarm kurang respons, coba dekatkan lagi ke kaca atau gagang pintu. Sekalian, cek tempat parkir apakah dekat pemancar radio atau jaringan telepon seluler," kata Septi.

Kunci keyless All New Suzuki XL7 Dicky Aditya Wijaya Kunci keyless All New Suzuki XL7

"Baterai habis ada tanda-tandanya, lampu remote jadi redup, kalau parkir di bawah pemancar, kunci keyless lebih di dekatkan ke transporder," ucapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com