Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Fenomena Air Hujan Masuk ke Pintu Mobil, Normal atau Tidak?

Kompas.com - 11/10/2022, 09:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika diamati, pada bagian pintu mobil bagian bawah terdapat lubang kecil. Ternyata lubang itu sengaja dibuat sebagai jalan keluar air yang terjebak di dalam pintu ketika hujan turun.

Mungkin para pengendara tidak begitu sadar dengan lubang tersebut, tapi setelah mobil diterpa hujan deras lalu pintu dibuka maka akan terlihat ada air yang mengalir dari lubang tersebut.

Lantas, apakah fenomena tersebut normal atau ada masalah sehingga pintu mobil perlu diperbaiki?

Baca juga: Waspada Jarak Pengereman Mobil yang Berubah Saat Musim Hujan

Kondisi jalan R Soekamto Palembang tergenang banjir setelah diguyur hujan selama satu malam. Akibatnya, banyak kendaraan yang mogok akibat terendam air, Kamis (6/10/2022).KOMPAS.COM/AJI YK PUTRA Kondisi jalan R Soekamto Palembang tergenang banjir setelah diguyur hujan selama satu malam. Akibatnya, banyak kendaraan yang mogok akibat terendam air, Kamis (6/10/2022).

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan hal tersebut merupakan fenomena yang wajar karena saat hujan memang air bisa masuk melalui kaca.

“Ini fenomena normal, karen air pasti akan masuk ke dalam pintu melalui celah karet dan kaca,” ucap Didi kepada Kompas.com, Senin (10/10/2022).

Dia mengatakan air hujan pasti akan masuk ke dalam pintu mobil lewat celah kaca dan karet yang terdapat pada bagian jendela. Jika diamati, karet tersebut memang terlihat rapat namun sebenarnya ada sedikit celah sehingga air bisa masuk.

Baca juga: Bahaya Laten Gunakan Sandal Jepit Saat Berkendara di Musim Hujan

Jalan DI Panjaitan, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, tergenang banjir akibat hujan deras, Jumat (9/9/2022) sore. Genangan terjadi di sekitar depan Patria Park.DOK. ISTIMEWA Jalan DI Panjaitan, Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, tergenang banjir akibat hujan deras, Jumat (9/9/2022) sore. Genangan terjadi di sekitar depan Patria Park.

“Namun, yang harus diperhatikan adalah lubang buangan airnya, jangan sampai tertutup sehingga air akan menggenang di dalam pintu dan berpotensi menimbulkan korosi,” ucap Didi.

Nah, lubang buangan air ini letaknya di bagian bawah pintu. Lewat lubang ini lah air yang masuk ke dalam pintu bisa keluar. Sehingga, bila pintu dibuka setelah mobil ditimpa hujan lebat akan terlihat air yang mengalir.

Menurut, Didi lubang tersebut harus diperhatikan, jangan sampai tersumbat oleh kotoran yang menyebabkan air terjebak di dalam pintu. Itu bisa membuat pintu korosi dan berujung keropos bila lama-lama dibiarkan.

Baca juga: Awas, Air Hujan Bisa Sebabkan Tarikan Mesin Mobil Jadi Loyo

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta Selatan membuat Jalan Puri Mutiara Raya, Cipete Selatan, Cilandak, terendam banjir, Selasa (4/10/2022) sore. KOMPAS.com/Muhammad Isa Bustomi Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta Selatan membuat Jalan Puri Mutiara Raya, Cipete Selatan, Cilandak, terendam banjir, Selasa (4/10/2022) sore.

Sementara itu, Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan fenomena tersebut bisa dibilang wajar, namun seharusnya ada beberapa lubang buangan air sehingga air yang masuk bisa langsung habis.

“Biasanya ada beberapa lubang buangan air di pintu, bisa dilihat dari bawah, sehingga pembuangan air tidak membutuhkan waktu cukup lama, jika ada yang pampat bisa dicolok saja atau dicongkel sedikit agar lubangnya agak lebar,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Senin (10/10/2022).

Dia mengatakan air memang bisa masuk lewat celah kaca dan karet di pintu bagian luar, namun arah alirannya memang selalu menuju ke bawah langsung sehingga air tidak akan masuk ke dalam kabin.

Baca juga: Cara Setel AC Mobil agar Kaca Tak Berembun di Musim Hujan

Banjir menggenangi jalan nasional tepatnya di Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (7/10/2022) sore.KOMPAS.COM/DOK BPBD CULACAP Banjir menggenangi jalan nasional tepatnya di Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (7/10/2022) sore.

“Pintu kan juga dilengkapi dengan karet list pintu, sehingga air hujan tidak akan masuk, jadi kabin tetap kering ketika hujan turun,” ucap Ibrohim.

Jadi, air hujan memang bisa masuk ke pintu mobil, tapi dengan adanya lubang buangan air maka hal itu menjadi aman. Sehingga, perlu dilakukan pemeriksaan lubang buangan air ini agar tidak tersumbat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com