Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Mobil Parkir di Pinggir Jalan, Buka Pintu Mobil Bikin Celaka

Kompas.com - 08/09/2022, 18:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalan raya memang tidak bisa ditebak. Ada saja kelakuan pengguna jalan yang menyebabkan kecelakaan saat sedang berkendara.

Contohnya, ketika sedang mengendarai motor di sisi kiri jalan, ada pengemudi yang lalai membuka pintu mobil secara tiba-tiba. Tentu bagi pengendara yang tidak siap, bisa menyenggol dan akhirnya terjatuh.

Sebenarnya kejadian menabrak pintu mobil yang tiba-tiba terbuka bisa dihindari. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengendara motor agar lebih waspada dengan kondisi lalu lintas yang ada di depannya.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Terlibat Tabrakan di Jalan Raya?

Ilustrasi membuka pintu mobil Ilustrasi membuka pintu mobil

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, antisipasi yang bisa dilakukan oleh pengendara motor adalah dengan menjaga pandangan jauh ke arah depan.

"Sebaiknya saat berkendara pandangan kita harus selalu melihat jauh ke depan. Ketika ada potensi bahaya yang muncul tiba-tiba, kita bisa langsung melakukan tindakan pencegahan dengan manuver ke arah yang lebih aman," ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2022).

Baca juga: Urutan Gigi dan Rem Tangan yang Benar Saat Parkir Mobil Transmisi Matik


Menurut Agus, biasanya pengendara yang mengalami hal tersebut dikarenakan kurangnya refleks dalam melakukan manuver. Selain itu, Agus juga mengingatkan untuk memakai perlengkapan berkendara seperti helm dan jaket untuk mengurangi risiko cedera parah.

"Setiap pengendara wajib menggunakan perlengkapan berkendara yang aman agar tubuh dapat terlindungi dari benturan objek yang berbahaya," kata Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com