Kompas.com - 08/09/2022, 18:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalan raya memang tidak bisa ditebak. Ada saja kelakuan pengguna jalan yang menyebabkan kecelakaan saat sedang berkendara.

Contohnya, ketika sedang mengendarai motor di sisi kiri jalan, ada pengemudi yang lalai membuka pintu mobil secara tiba-tiba. Tentu bagi pengendara yang tidak siap, bisa menyenggol dan akhirnya terjatuh.

Sebenarnya kejadian menabrak pintu mobil yang tiba-tiba terbuka bisa dihindari. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan pengendara motor agar lebih waspada dengan kondisi lalu lintas yang ada di depannya.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Saat Terlibat Tabrakan di Jalan Raya?

Ilustrasi membuka pintu mobil Ilustrasi membuka pintu mobil

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, antisipasi yang bisa dilakukan oleh pengendara motor adalah dengan menjaga pandangan jauh ke arah depan.

"Sebaiknya saat berkendara pandangan kita harus selalu melihat jauh ke depan. Ketika ada potensi bahaya yang muncul tiba-tiba, kita bisa langsung melakukan tindakan pencegahan dengan manuver ke arah yang lebih aman," ucap Agus kepada Kompas.com, Kamis (8/9/2022).

Baca juga: Urutan Gigi dan Rem Tangan yang Benar Saat Parkir Mobil Transmisi Matik


Menurut Agus, biasanya pengendara yang mengalami hal tersebut dikarenakan kurangnya refleks dalam melakukan manuver. Selain itu, Agus juga mengingatkan untuk memakai perlengkapan berkendara seperti helm dan jaket untuk mengurangi risiko cedera parah.

"Setiap pengendara wajib menggunakan perlengkapan berkendara yang aman agar tubuh dapat terlindungi dari benturan objek yang berbahaya," kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.