Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terlihat Sepele, Ini Pentingnya Menjaga Kondisi Lis Karet Pintu Mobil

Kompas.com - 17/06/2022, 17:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lis karet pada pintu mobil merupakan salah satu komponen yang kerap luput dari perhatian pemilik. Padahal fungsinya cukup vital untuk menunjang kenyamanan pengemudi maupun penumpang.

Dikatakan Kepala Bengkel Astra Peugeot Cabang CIlandak, Rafi'i Sinurat, pertama, bagian kecil tersebut memiliki peran dalam meredam benturan ketika proses menutup pintu mobil.

Kemudian, juga berfungsi meningkatkan kekedapan kabin terhadap suara dari luar kabin. Tidak sampai di sana, lis karet pintu turut berkerja untuk menahan air masuk ke kabin jika mobil tengah melaju di cuaca hujan.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini Cara dan Biaya Bikin SIM secara Online

Ilustrasi karet pintu mobil yang sudah getasDok. Otomotif Group Ilustrasi karet pintu mobil yang sudah getas

"Sehingga penting juga menjaga komponen ini tetap dalam kondisi prima. Cara mengetahui ciri-ciri karet pintu harus diganti, bisa dilihat bentuknya apakah berubah jadi gepeng atau rusak," katanya kepada Kompas.com.

"Kemudian bisa dirasakan juga kurang kedapnya suara di kabin sehingga terdengan suara angin seperti siulan. Jika ciri-ciri itu mulai terlihat dan terasa, ada baiknya diganti baru," lanjut Rafi'i.

Demi menjaga lis karet pintu mobil agar tidak mudah rusak serta masa pakainya panjang, selalu parkirkan mobil di lokasi teduh dan tak terkena paparan sinar matahari langsung sehingga tidak mudah kering dan getas.

Baca juga: Pemilik Mobil Jangan Malas Ganti Karet Wiper

Lalu usahakan tidak sering kontak langsung dengan komponen karet tersebut. Misalnya saat proses memasukkan dan mengeluarkan barang. Perlu diingat bahwa gesekan yang berulang-ulang menyebabkan lis karet ini rentan robek.

Lantas untuk membersihkan lis karet dari kotoran yang menempel, caranya rutin mencuci komponen ini, dan menyiram di sela-sela lekukan pada lis karet dengan air yang bersih hingga manfaatkan cairan khusus silikon alias silicone spray.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com