Pintu Mobil Mendadak Tak Bisa DIbuka, Cek Baterai Remote

Kompas.com - 28/07/2022, 16:41 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Teknologi remote kunci mobil modern telah dilengkapi fitur keyless. Selain lebih aman, buka tutup pintu mobil dengan remote juga lebih mudah. 

Sayangnya, banyak juga kendala yang terjadi karena menggunakan sistem remote tersebut. Salah satunya disebabkan baterai remote habis. 

Menurut Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro, baterai remote habis sangat merugikan para pemilik mobil. Mendadak, pintu mobil tidak bisa dibuka walau tombol lock unclock di pencet berulang kali. 

"Jarak sekitar 1 meter harusnya fitur central lock mobil bisa berfungsi. Lebih mendekat lagi di coba buka pintu tetap tidak bisa," kata dia kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022). 

Baca juga: Contoh Modifikasi Lampu Belakang Suzuki Ertiga

Andik juga mengatakan, bisa dipastikan remote berfungsi atau tidak dengan menekan beberapa kali sambil membuka gagang pintu. Fitur kunci keyless mobil biasanya dilengkapi indikator malfungsi pada instrumen speedometer. 

Suzuki All New Ertiga HybridAzwar F/Kompas.com Suzuki All New Ertiga Hybrid

"Baterai habis muncul indikator malfungsi, kalau Suzuki punya kapasitas baterai 3.3 volt.  Jika turun ke voltase 2.8 atau 2.9, panel dashboard sudah muncul indikator ganti baterai remot," ucapnya. 

Hal yang sama juga di ungkapkan Service Advisor Kia Motor Semarang Septi Pradana kepada redaksi Kompas.com.

Dia mengatakan, baterai remote yang hampir habis biasanya di tandai remote yang kurang sensitif. Fitur keyless mobil jadi melambat dan jarak deteksi sensor pintu semakin pendek. 

"Kalau baterai mau habis remote jadi tidak sensitif, dipencet berulangkali alarm mobil tidak respon," ujar Septi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.