Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pintu Mobil Mendadak Tak Bisa DIbuka, Cek Baterai Remote

Kompas.com - 28/07/2022, 16:41 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Teknologi remote kunci mobil modern telah dilengkapi fitur keyless. Selain lebih aman, buka tutup pintu mobil dengan remote juga lebih mudah. 

Sayangnya, banyak juga kendala yang terjadi karena menggunakan sistem remote tersebut. Salah satunya disebabkan baterai remote habis. 

Menurut Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro, baterai remote habis sangat merugikan para pemilik mobil. Mendadak, pintu mobil tidak bisa dibuka walau tombol lock unclock di pencet berulang kali. 

"Jarak sekitar 1 meter harusnya fitur central lock mobil bisa berfungsi. Lebih mendekat lagi di coba buka pintu tetap tidak bisa," kata dia kepada Kompas.com, Kamis (28/7/2022). 

Baca juga: Contoh Modifikasi Lampu Belakang Suzuki Ertiga

Andik juga mengatakan, bisa dipastikan remote berfungsi atau tidak dengan menekan beberapa kali sambil membuka gagang pintu. Fitur kunci keyless mobil biasanya dilengkapi indikator malfungsi pada instrumen speedometer. 

Suzuki All New Ertiga HybridAzwar F/Kompas.com Suzuki All New Ertiga Hybrid

"Baterai habis muncul indikator malfungsi, kalau Suzuki punya kapasitas baterai 3.3 volt.  Jika turun ke voltase 2.8 atau 2.9, panel dashboard sudah muncul indikator ganti baterai remot," ucapnya. 

Hal yang sama juga di ungkapkan Service Advisor Kia Motor Semarang Septi Pradana kepada redaksi Kompas.com.

Dia mengatakan, baterai remote yang hampir habis biasanya di tandai remote yang kurang sensitif. Fitur keyless mobil jadi melambat dan jarak deteksi sensor pintu semakin pendek. 

"Kalau baterai mau habis remote jadi tidak sensitif, dipencet berulangkali alarm mobil tidak respon," ujar Septi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com