Jangan Panik, Ini Cara Buka Pintu Mobil Saat Baterai Remote Habis

Kompas.com - 30/07/2022, 10:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Remote keyless dinilai lebih modern dan memudahkan, tetapi bisa sangat merepotkan pengguna mobil saat baterainya mulai lemah atau habis.

Pasalnya, baterai yang mulai soak akan memengaruhi sensitivitas sinyal yang ditangkap transponder, dan membuat pintu mobil sulit terbukan.

Namun, jangan khawatir dan panik karena meski remote keyless habis, pemiliknya masih bisa membuka pintu mobil. 

Foreman Suzuki Duta Cemerlang Motor Semarang Andik Sepdiantoro mengatakan, saat baterai remote habis, pintu mobil tetap bisa dibuka menggunakan anak kunci.

Baca juga: Remote Keyless Mobil Hilang, Ini Kisaran Dana yang Harus Disiapkan 

"Anak kunci digunakan dalam keadaan darurat, bagian atas atau belakang biasanya dilengkapi tombol atau seperti tuas. Lalu, pencet sambil ditarik, kemudian tinggal colokkan ke lubang kunci pada hendel mobil," kata Andik kepada Kompas.com, beberapa waktu kemarin. 

Kunci keyless entry ToyotaZulfana K. Rijal Kunci keyless entry Toyota

Sesudah pintu terbuka, pemilik juga masih bisa menghidupkan mesin mobil dengan cara mendekatkan remote keyless ke tombol start stop

Bukan hanya karena baterai yang sudah lemat, masalah keyless yang tak berfungsi ternyata juga bisa diakibatkan hal lain.

Service Advisor Kia Motor Semarang Septi Pradana mengatakan, selain baterai mulai lemah, lokasi parkir dekat pemancar radio atau jaringan seluler bisa menganggu frekuensi.

Baca juga: Rekayasa Wujud Fortuner Terbaru yang Terinspirasi SUV Amerika

"Kalau alarm kurang respons, coba dekatkan lagi ke kaca atau gagang pintu. Sekalian, cek tempat parkir apakah dekat pemancar radio atau jaringan telepon seluler," kata Septi.

Kunci keyless All New Suzuki XL7 Dicky Aditya Wijaya Kunci keyless All New Suzuki XL7

"Baterai habis ada tanda-tandanya, lampu remote jadi redup, kalau parkir di bawah pemancar, kunci keyless lebih di dekatkan ke transporder," ucapnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.