Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

88 Unit Motor Listrik Energica Ikut Meramaikan KTT G20 Bali

Kompas.com - 11/10/2022, 07:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tahun ini, Bali akan menjadi tuan rumah KTT G20 pada 15-16 November 2022. Ketika para pejabat mendarat, armada sepeda motor listrik Energica EsseEsse9+ keluaran baru sudah siap menyambut mereka.

Dilansir dari Ride Apart (10/10/2022), Energica dan distributornya di Indonesia, Utomocorp, menandatangani kesepakatan dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk mengawal semua delegasi yang hadir dengan EsseEsse9+.

“Saat delegasi G20 tiba di Bali, mereka akan disambut dan dikawal oleh petugas keamanan yang mengendarai sepeda Energica,” ujar CEO Energica Motor Company Livia Cevolini, dikutip dari Ride Apart.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Lengkap Konversi Motor Listrik

Motor listrik Energica EsseEsse9+Dok. Energica Motor Motor listrik Energica EsseEsse9+

“Artinya, pengalaman pertama mereka akan melihat kendaraan tanpa emisi dan performa tinggi beraksi. Harapan saya adalah pengalaman ini melekat pada setiap delegasi sepanjang KTT dan dalam semua diskusi seputar perubahan iklim dan transportasi,” kata dia.

Kabarnya, sebanyak 88 unit EsseEsse9+ akan tiba pada November 2022. Sementara Indonesia akan menjadi negara Asia Pasifik pertama yang mengoperasikan armada sepeda motor listrik.

Perjanjian tersebut merupakan win-win solution untuk Energica, Utomocorp, dan Indonesia, karena negara tersebut bertujuan untuk mencapai dua juta kendaraan listrik jalan raya pada tahun 2025.

Baca juga: Tetap Waspada, Motor Keyless Tetap Rawan Dicuri

“Utomocorp bangga dapat menyediakan sepeda motor listrik tercanggih bagi pemerintah Indonesia sebagai kendaraan yang digunakan oleh kepolisian,” kata CEO Utomocorp Denny Utomo, pada kesempatan yang sama.

Sebelumnya, Energica sudah menawarkan EsseEsse9+ yang dilengkapi secara khusus untuk aparat penegakan hukum Italia. Diperkirakan basis dari motor inilah yang akan disiapkan untuk mengawal delegasi G20.

Bicara soal harga, EsseEsse9+ tipe standar hadir dengan harga mulai dari 22.850 dolar AS atau setara Rp 350 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com