Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2022, 06:22 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) saat ini dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu secara daring ataupun dengan mendatangi langsung layanan SIM keliling.

Pihak kepolisian sudah menyediakan aplikasi Digital Korlantas Polri untuk mempermudah pemilik kendaraan bermotor yang ingin melakukan perpanjangan SIM.

Baca juga: Pelat Nomor Kendaraan Warna Hijau, Berlaku di Wilayah Ini

Selain itu, ada juga layanan SIM keliling yang tersedia di sejumlah titik dengan jam operasional yang berbeda-beda.

Untuk diingat, SIM keliling hanya menawarkan pelayanan perpanjangan untuk SIM A dan SIM C. Jika masa berlaku SIM sudah habis, maka pemilik SIM harus melakukan penerbitan ulang, bukan di layanan SIM keliling.

Layanan SIM keliling di IIMS Hybrid 2022, Senin (4/4/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Layanan SIM keliling di IIMS Hybrid 2022, Senin (4/4/2022)

Biaya perpanjangan SIM, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp 80.000 untuk perpanjangan SIM A, dan Rp 75.000 untuk perpanjangan SIM C.

Beberapa syarat yang harus diperhatikan untuk melakukan perpanjangan SIM di layanan SIM keliling, di antaranya adalah membawa fotokopi KTP yang masih berlaku, fotokopi SIM lama dan SIM asli, bukti cek kesehatan dan bukti tes psikologi.

Baca juga: Masa Berlaku SIM Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Dikutip dari laman @satlantaspolrestangsel, berikut ini jadwal operasional dan lokasi pelayanan SIM keliling di Tangerang Selatan hari ini, Kamis (6/10/2022).

Pamulang Square

  • Pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB
  • Pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB

ITC BSD

  • Pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com